TokoMu Gerakkan Ekonomi Umat

  • Bagikan
PERESMIAN : Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan jajarannya menggunting pita pembukaan TokoMu di Jl Kyai Mojo,Cacaban, Magelang Tengah Minggu (6/5). (Ima Chafid/radar kedu)
PERESMIAN : Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan jajarannya menggunting pita pembukaan TokoMu di Jl Kyai Mojo,Cacaban, Magelang Tengah Minggu (6/5). (Ima Chafid/radar kedu)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Terobosan baru di bidang ekonomi dilakukan Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Magelang. Minggu (6/5) kemarin PD Muhammadiyah Kota Magelang meresmikan pembukaan TokoMu yang berlokasi di Jl Kyai Mojo Cacaban, Magelang Tengah.

TokoMu merupakan ritel di bawah naungan Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PD Muhammadiyah. Ketua PD Muhammadiyah Kota Magelang, H. Solichin mengatakan TokoMu yang ada di Cacaban Magelang Tengah merupakan sebuah gerakan embrio ekonomi Muhammadiyah yang bergerak dalam bidang ritel.

“Memiliki gerakan ekonomi dalam bidang ritel memang mimpi besar PDM Kota Magelang. Tidak hanya itu, harapannya nanti disetiap pimpinan cabang ada TokoMu dan sudah menjadi gerakan Muhammadiyah,” paparnya.

Lanjut Solichin, dalam jangka panjang, TokoMu mampu menggandeng para pedagang kecil sehingga memiliki usaha binaan dan mengawal kondisi ekonomi umat.

Peresmian TokoMu diawali dengan penandatanganan prasasti dan pelepasan balon oleh ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Pimpinan Wilayah Jawa Tengah disaksikan camat dan muspika serta masyarakat setempat.

Muhammadiyah di abad ke-2 ini lebih konsen dalam pengembangan kekuatan ekonomi umat. “Pendidikan dan kesehatan telah berkiprah lebih dari satu abad dan tetap terus berinovasi. Sehingga melahirkan sebuah pendidikan paripurna dan pelayan kesehatan umat yang benar-benar mampu dirasakan siapapun,” terang Ketua PP Muhammadiyah, dr H Agus Taufiqurahman, M.Kes dalam peresmian TokoMu.

Sementara Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jateng, Drs H Tafsir, M.Ag menegaskan bila Muhammadiyah ingin bersaing dalam peradaban saat ini, maka ekonomi harus menjadi bagian penting diperjuangkan. Pihaknya mengapresiasi setinggi-tingginya pada PDM Kota Magelang. Diharapkan gerakan ekonomi menjadi bagian dari gerakan dakwah keumatan yang selalu istiqomah.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UM Magelang Eko Muh Widodo menyatakan akan menanam saham senilai Rp 100 juta untuk mengembangkan TokoMu di Magelang.

Ditambahkan ketua panitia peresmian TokoMu, Wasi’un, pembukaan ritel ini diharapkan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat dengan semboyan gerakan ekonomi berjamaah. (ima/lis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *