34 C
Semarang
Rabu, 21 April 2021

Tangkap Fenomena Pertanian Melalui Sutas

spot_img
spot_img

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah akan melaksanakan Survei Usaha Pertanian Antar Sensus (SUTAS) tahun 2018. Hal tersebut guna mengetahui data pertanian yang lebih rinci guna mendukung pengambilan kebijakan-kebijakan pemerintah yang tepat.

Kelala BPS Jateng, Margo Yuwono mengatakan, sensus pertanian kali terakhir di lakukan pada tahun 2013 lalu dan baru akan dilakukan kembali pada tahun 2023 mendatang. Rentang 10 tahun menurutnya terlalu lama, karena data-data rinci terkait perkembangan pertanian saat ini juga sangat dibutuhkan.

“Jika menunggu sensus masih tahun 2023. Karena itu diadakan Sutas. Diharapkan kita dapat menangkap fenomena pertanian saat ini,” ujarnya di sela sosialisasi Sutas, baru-baru ini.

Terkait hal tersebut, ia mengakui terdapat sedikit kendala. Di antaranya dalam melakukan survei BPS dibatasi oleh metodologi dan beberapa teknis lainnya demi keakuratan data. Hal ini mengakibatnya banyak bahasa teknis di questioner yang sulit dipahami oleh responden. Karena itu, pihaknya melakukan pelatihan kepada petugas survei di lapangan, agar dapat mengomunikasikan dengan baik terkait hal tersebut.

“Selain petugas, kami juga tetap melakukan sosialisasi kepada responden agar mau disurvei dan memberikan jawaban yang sesuai. Karena kalau yang dikumpulkan berupa data sampah, maka hasilnya juga sampah. Padahal kita memerlukan data tersebut, salah satunya untuk mengambil kebijakan ke depan,” jelasnya.

Ia menambahkan, hasil sensus BPS periode 2003 hingga 2013 lalu, jumlah petani mengalami penurunan sebanyak 1,5 juta rumah tangga. Hal tersebut menurutnya karena kian banyak pilihan lapangan kerja dengan tawaran imbalan yang dinilai lebih baik. Sehingga pertanian dianggap tidak lagi menarik. “Dengan Sutas ini kita ingin lihat apakah tren tersebut masih berlanjut selama lima tahun ini (2013 -2018),” ujarnya. (dna/ida)

spot_img

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here