32 C
Semarang
Jumat, 18 Juni 2021

Anak Kuli Bangunan Persembahkan Emas

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Muhammad Firman Nuruddin, siswa kelas XII SMA Taruna Nusantara Magelang  berhasil mempersembahkan medali emas untuk Indonesia dalam bidang environmental science. Medali emas diraih dalam lomba penelitian sains internasional  25th International Conference of Young Scientists (ICYS) 2018, yang berlangsung pada 19-25 April 2018 di Belgrade Serbia. Firman merupakan siswa kategori beasiswa Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (Ikastara) dan berasal dari keluarga tidak mampu.

“Firman merupakan siswa yang masuk menempuh pendidikan di SMA TN dengan kategori penerima beasiswa dari Ikastara. Asli Kabupaten Magelang yaitu dari Karangrejo, Kedungsari Kecamatan Bandongan. Ayahnya kuli bangunan sedangkan ibunya TKW,” jelas Cecep Kepala Humas SMA Taruna Nusantara Cecep Iskandar.

Meski Firman keluarga yang tidak mampu, sosok Firman sangat bersemangat bersekolah di SMA TN. “Firman, selalu menunjukkan minat yang tinggi dalam kegiatan penelitian dan selalu bersemangat mengikuti kompetisi termasuk ICYS ini. Apalagi SMA Taruna Nusantara selalu mendukung penuh pengembangan bakat siswa-siswanya. Sehingga potensi siswa Firman dan kawan-kawannya mendapatkan wahana dan ruang yang seluas-luasnya,” beber Cecep.

Kepala SMA Taruna Nusantara, Brigadir Jenderal TNI (Purn) Soebagio, SIP mengaku bangga atas kemenangan Firman. Soebagio mengaku selalu percaya tidak ada paradoks antara disiplin dan kreativitas. “Justru kreativitas akan bisa berkembang dengan baik jika siswa memiliki disiplin dan tanggung jawab yang tinggi. SMA Taruna Nusantara sudah 28 tahun  membuktikannya dengan menghasilkan banyak siswa dan alumni yang berprestasi meskipun disiplin dan aturan-aturan yang ada sangat ketat,” tutur Soebagio. (had/lis)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here