Hari Ini, 10 Ribu Buruh Turun ke Jalan

Must Read

Virus Bersih

Semua operator cruise tahu: musuh utama bisnis mereka adalah virus atau bakteri. Karena itu aturan kebersihan di sebuah perjalanan cruise luar biasa ketatnya. Bagi yang...

Kenalkan A31 di Indonesia, Bawa Keunggulan Macro Lens Triple Camera dan Layar Waterdrop 6.5 Inci

RADARSEMARANG.COM, JAKARTA – Kemarin (13/2), OPPO akan mulai menjual perangkat barunya, A31. Perangkat terbaru pada lini seri A ini...

Mengejar SARS

Yang sembuh dan yang meninggal terus bertambah. Berkejaran. Orang pun mulai membanding-bandingkan: mengerikan mana. Virus Wuhan sekarang ini atau...

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Sedikitnya 10 ribu buruh akan turun ke jalan dalam peringatan Hari Buruh atau May Day, Selasa (1/5) hari ini. Untuk mengamankan aksi tersebut, sedikitnya 1.000 personil Polrestabes Semarang akan diturunkan.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abioso Seno Aji menyampaikan, telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait, termasuk kepada serikat pekerja. Dalam aksi hari ini, pihaknya akan memberikan fasilitas untuk mengawal dan melakukan pengamanan selama berlangsungnya kegiatan May Day pada Selasa (1/5) ini.

“Tujuan mereka melakukan orasi menyampaikan pendapat untuk mengingatkan kepada pemerintah. Memang pada kenyataan di lapangan belum semuanya para buruh ini terwujud kesejahteraan atau kemakmuran dan rasa adil. Ini yang akan disuarakan oleh para kaum buruh kepada mereka,” ujar Abioso, Senin (30/4).
Dia menyampaikan, peringatan May Day ini sebagai wujud penghargaan kepada jasa – jasa buruh. Perayaan ini bukan hanya dilakukan di Indonesia, akan tapi secara internasional.

Abioso berharap, perayaan May Day berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Sehingga masyarakat tidak timbul rasa khawatir dan ketakutan.
Kabagops Polrestabes Semarang AKBP Iga DP Nugraha menjelaskan, buruh yang akan turun ke jalan diperkirakan mencapai 10 ribu orang. Mereka datang dari delapan aliansi serikat pekerja yang ada di Kota Semarang.

“Hasil sampai siang ini kita dapat informasi sekitar 7 ribu -10 ribu orang dari delapan elemen buruh se-Kota Semarang,” jelasnya.

Dikatakan, pada perayaan ini, para buruh akan berkumpul di lima titik, yakni Krapyak, Kalibanteng, Titik Nol Jalan Pemuda, RRI dan Mugas. Selanjutnya, mereka melakukan longmach menuju lokasi yang telah ditentukan, yakni di Balai Kota Semarang Jalan Pemuda dan Kantor Gubernur Jawa Tengah Jalan Pahlawan.

“Kita sudah siap. Jam 07.00, lakukan gelar pasukan. Setelah itu, kami dan dari polsek masing-masing akan berkumpul di lokasi bersama para buruh. Semua akan dikawal menuju lokasi masing-masing. Nanti kegiatan di dua titik itu, ada penyampaian pendapat dan hiburannya juga ada,” bebernya.

Iga menyebutkan, pada perayaan May Day ini, pihaknya menurunkan lebih dari 1000 personil dari berbagai fungsi dan di-backup oleh oleh pejabat utama Polda Jateng, yakni Dansat Brimob dan Dirsabhara, termasuk Dir Intelkam Polda Jateng. Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan jajaran lintas sektor Polres Kendal, Polres Demak, dan Polres Semarang.

“Namun hingga saat ini belum ada informasi adanya aksi buruh dari luar kota yang ikut bergabung di Kota Semarang. Kami telah meminta kepada polres-polres tetangga untuk mengimbau para buruh agar melakukan aksi di tempat masing masing,” tegasnya. (mha/aro)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Kenalkan A31 di Indonesia, Bawa Keunggulan Macro Lens Triple Camera dan Layar Waterdrop 6.5 Inci

RADARSEMARANG.COM, JAKARTA – Kemarin (13/2), OPPO akan mulai menjual perangkat barunya, A31. Perangkat terbaru pada lini seri A ini hadir dengan keunggulan internal memori...

Mengejar SARS

Yang sembuh dan yang meninggal terus bertambah. Berkejaran. Orang pun mulai membanding-bandingkan: mengerikan mana. Virus Wuhan sekarang ini atau SARS 18 tahun lalu. SARS: yang...

Wajah Baru Warnai Ofisial Tim PSIS

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – PSIS Semarang resmi memperkenalkan ofisial tim musim depan. Terdapat beberapa nama baru yang akan bahu-membahu membantu pelatih Dragan Djukanovic mengarsiteki Mahesa Jenar...

Lomba Cepat

Berita buruknya: korban virus Wuhan bertambah terus. Sampai kemarin sudah 106 yang meninggal. Hampir semuanya di Kota Wuhan --ibu kota Provinsi Hubei.Berita baiknya: yang...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -