Eksperimen Tim Tingkatkan Keterampilan Permainan Bola Voli Siswa

spot_img

RADARSEMARANG.COM – KEGAGALAN kerap terjadi karena seringnya kesalahan dalan menyusun learning design.  Begitu pula dengan kegagalan pembelajaran yang terjadi selama ini tidak lepas  dari kekurangtelitian dalam menyusun learning design yang dilakukan guru. Sebelum melaksanakan proses pembelajaran harus diawali dengan matangnya perencanaan pembelajaran. Dengan pentingnya sebuah perencanaan pembelajaran ini dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran, baik mampu mencapai tujuan pembelajaran pengetahuan maupun keterampilan. Maka, learning design perlu disusun sedemikian rupa supaya pembelajaran lebih terarah.

Pembelajaran dalam materi permainan bola voli pun sangat membutuhkan perencanaan yang baik. Perlunya keseimbangan olah fisik, olah jiwa, dan olah rasa. Olahraga ini juga merupakan implementasi dari kurikulum 2013. Dalam materi permainan bola voli ini tak sekadar memerlukan kepiawaian fisik semata oleh siswa. Tetapi juga harus dapat mengolah rasa bagaimana bisa mengarahkan bola dengan baik, tidak asal passing saja. Karena materi permainan ini sangat membutuhkan strategi, juga teknik yang baik pula. Meliputi strategi pola penyerangan dan bertahan.

Kurang maksimalnya pemerolehan hasil belajar siswa, khususnya dalam bidang olahraga banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tidak hanya kekuatan intelegensi siswa saja, tetapi juga skill dalam melakukan capaian kompetensi dasar tersebut. Namun demikian, sebagai guru olahraga tentu tidak bisa tinggal diam melihat siswa belum optimal dalam mencapai hasil belajarnya.

Baca juga:   Ajari Siswa Berinternet Secara Baik dan Cerdas

Berbagai upaya dan usaha yang dilakukan dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menarik pun dilakukan. Dengan dibentuknya tim dalam permainan bola voli ini, tentu ada tim yang mampu mempertahankan permainan dengan baik. Sehingga ada satu tim yang terkalahkan, karena tidak mampu mempertahankan strategi yang sudah disiapkan dengan baik. Hal ini yang menjadi prioritas guru dalam memberikan penghargaan atau reward terhadap tim yang mampu memenangkan pertandingan bola voli dengan baik, dengan memberikan hadiah sederhana.

Eksperimen tim dalam materi permainan bola voli ini sangat mendapat antusias tinggi dari siswa. Karena sebelum penilaian dilakukan, kelas dibagi menjadi kelompok untuk melakukan percobaan permainan bola voli. Dengan dipertandingkannya antar kelompok dalam kelas, terlebih guru menyampaikan pada siswa bagi kelompok atau tim yang mampu memenangkan permainan ini akan mendapatkan reward atau hadiah sederhana yang dikemas dalam bentuk bola besar.

Keterampilan dalam permainan bola voli tidak bisa dicapai hanya dengan siswa memahami teori permainan bola voli saja. Tetapi mampu merencanakan strategi dan pola pertahanan maupun pola penyerangan dengan baik sangat dibutuhkan. Bagaimana satu tim dalam melakukan uji coba permainan bola voli ini mampu bertahan sampai akhir pertandingan dengan solid dan kompak.

Baca juga:   Berinovasi dengan Metode Ceramah, Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa

Metode eksperimen tim ini merupakan penyajian pembelajaran terhadap siswa dengan cara melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri dalam sebuah tim. Karena dalam permainan bola voli ini, tidak hanya kemampuan pribadi saja yang dibutuhkan, melainkan kemampuan tim dalam mempertahankan strategi maupun berbagai teknik yang telah dipersiapkan dengan baik. Sehingga penentuan metode ini dapat dijadikan alternatif dalam mengajarkan materi permainan bola voli.

Pada akhir pembelajaran ini, setelah berakhirnya eksperimen tim dalam permainan bola voli, setiap kelompok menyampaikan tanggapan sesuai pengalamannya tentang permainan yang telah dilakukan dengan pemilihan strategi maupun teknik yang dipilih. Metode eksperimen tim ini sangat efektif dan menarik dalam kesesuaian dengan jenis materi permainan bola voli. Karena mendapatkan antusias tinggi dan signifikan terhadap pengetahuan maupun keterampilan siswa. Karena siswa mengalami langsung atas pemilihan strategi dan teknik permainan bola voli. Selamat mencoba! (tj3/2/aro)

Guru PJOK SMA Negeri 13 Semarang

Author

Populer

Lainnya