Beranda Berita Semarang Sapma Siap Tanamkan Jiwa Pancasila

Sapma Siap Tanamkan Jiwa Pancasila

Others

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Pengurus Wilayah Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila (PP) Jateng akan melangsungkan Rapat Pleno Pertama dengan agenda persiapan pelantikan, latihan kader pertama (LKP) serta Rakerwil di hotel @home, Semarang, hari ini, Sabtu (28/4).

“Sapma itu merupakan laboratorium sebagai pengganti generasi intelektual di organisasi PP, karena kami lahir dari kaum terpelajar, maka kami akan jadi generasi terdepan,” kata Ketua PW Sapma PP Jateng, M.O Irfan Wiranata Kusumah, didampingi Ketua bidang Belanegara, Samuel Tuah Bento Sagala.

Sapma di Jateng, sudah memiliki 25 pengurus cabang di kabupaten dan kota. Namun, dalam LKP Ke-15 nanti sudah ada 1.000 peserta baik pelajar maupun mahasiswa se-Jateng, yang akan diadakan di Bantir, Sumowono, Kabupaten Semarang.

“Nanti 10 kabupaten dan kota yang belum terbentuk segera akan kita bentuk, seperti Sragen, Magelang, Kebumen, Purworejo, Klaten, Pekalongan dan lainnya,”sebutnya.

Sedangkan untuk komisariat, Irfan mengatakan, hingga saat ini sudah ada 200 yang tersebar di seluruh kampus dan SMA di Jateng. Untuk Semarang sendiri merupakan komisariat terbesar mencapai 28. Dikatakannya, Sapma baru berdiri sekitar tahun 2000, kemudian resmi menjadi Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) sejak 2015 dalam Musyawarah Nasional (Munas) pertama di Solo.

Sekretaris PW Sapma PP Jateng, Audi Manan menambahkan, program yang akan digalakkan dalam waktu dekat adalah, seluruh kampus dan SMA bisa memiliki kepengurusan Sapma. Ia berharap dengan adanya Sapma bisa menghindari tawuran antar pelajar, karena semua bisa saling memahami bahwa masih saudara di Sapma. Apalagi, lanutnya, di Sapma selalu menanamkan jiwa-jiwa Pancasila dan cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita ingin ditatanan pelajar, Pancasila dan NKRI jangan sampai hilang, sejarah jangan dilupakan. Jangan sampai anak-anak sekarang nggak paham Pancasila, kami melihat pelajar sekarang lebih asyik di warnet, suka gadget,” imbuhnya. (jks/zal)

Stay Connected

12,288FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Semut Raksasa

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here