32 C
Semarang
Jumat, 18 Juni 2021

Fungsi Embung Belum Optimal

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Fungsi embung yang ada di Jateng belum optimal. Dewan meminta agar Pemprov mengoptimalkan pengelolaan embung. Utamanya saat musim kemarau. Debit air embung  harus diperhatikan untuk pengairan lahan pertanian.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng, Hadi Santoso mengatakan, agar embung berfungsi secara optimal, perlu ada penambahan tenaga operasional. Mereka harus mengecek operasional dan pemeliharaan embung agar fasilitas umum tidak rusak. “Harus ada komitmen yang besar, karena setiap bulan kemarau lahan pertanian selalu kekeringan.  Padahal di Jateng salah satu penyokong lumbung pangan nasional,” katanya.

Ia berharap Pemprov Jateng memantau debit air embung secara berkala. Selain itu, embung yang belum rampung harus diselesaikan agar masalah kekeringan lahan pertanian  di Jateng  bisa diatasi. Embung ini nantinya sangat berguna saat musim kemarau tiba, karena sebagai sumber irigasi utama. “Kami mengharapkan adanya tambahan tenaga operasional yang membantu memantau dan mengelola embung agar tidak rusak saat akan digunakan,” tambahnya.

Anggota Komisi D DPRD Jateng, Samirun melihat penambahan tenaga operasional di setiap embung adalah langkah yang tepat mengingat masih banyak tangan jahil yang merusak fasilitas pemerintah. Ia mendukung adanya penambahan tenaga operasional yang sangat dibutuhkan dalam pengelolaan embung.

Banyak fasilitas pemerintah yang dirusak oleh tangan jahil terlebih warga sekitar oleh karena itu penggunaan tenaga operasional sangat dibutuhkan untuk menjaga fasilitas itu. “Kami mengharapkan embung bisa diberdayakan seperti area pembibitan ikan mungkin,” tambahnya. (fth/zal)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here