Cegah Banjir, Warga dan TNI Bersihkan Sungai

  • Bagikan
GOTONG-ROYONG : Warga Desa Ngelo Wetan, Kecamatan Mijen bersama TNI membersihkan tepi sungai irigasi. (Wahib Pribadi/Radar Semarang)
GOTONG-ROYONG : Warga Desa Ngelo Wetan, Kecamatan Mijen bersama TNI membersihkan tepi sungai irigasi. (Wahib Pribadi/Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Bahaya banjir masih menjadi ancaman bagi warga yang bermukim di sepanjang sungai atau saluran irigasi, termasuk di Desa Ngelo Wetan, Kecamatan Mijen.

Untuk mencegah banjir, warga dan TNI dari Kodim 0716 Demak melakukan antisipasi. Yakni membersihkan sungai yang melintasi wilayah desa sepanjang 1 kilometer tersebut.

Kepala Desa Ngelo Wetan, Sudirman mengatakan, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, utamanya di sungai tersebut.

“Sebab, dampaknya akan menumpuk dan bisa mengakibatkan aliran sungai tersendat dan menjadi tidak lancar. Akibatnya, air sungai bisa meluap serta menggenangi sawah yang mengganggu tanaman dan berakibat gagal panen. Lebih dari itu, dapat membanjiri perkampungan warga sendiri,”katanya. Danramil Mijen, Kapten Inf Mulyadi menambahkan, bersih sungai dan saluran bersama warga tersebut dinilai penting supaya bebas dari banjir. Dia mengatakan, sungai irigasi yang mengitari wilayah Desa Ngelo Wetan seharusnya dapat mengairi persawahan dengan lebih maksimal. Namun, saluran terganggu akibat banyaknya tumbuhan semak belukar dan enceng gondok yang tumbuh subur di sisi sungai. Kondisi demikian, justrumenghambat laju aliran sungai tersebut.

“Apalagi saat ini masih musim hujan. Dikawatirkan bila intensitas hujan tinggi sungai tidak mampu menampung air hujan hingga meluap ke persawahan yang sedang mulai masa tanam padi,” ujarnya. (hib/lis)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *