32 C
Semarang
Kamis, 24 Juni 2021

Robot UKSW Targetkan Prestasi Nasional

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA-Mahasiswa Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) yang tergabung dalam tim Robotic Research Center (R2C) sedang mempersiapkan diri berlaga di Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional, Juli mendatang. Persiapan dilakukan setelah berhasil menyabet juara di tingkat regional 3 di Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), pekan lalu.

Pembantu Rektor I UKSW, Dr Iwan Setyawan menungkapkan bahwa tim R2C berhasil meraih juara harapan I untuk divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki dan divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda. KRI Regional 3 diikuti sekitar 74 tim dari 28 perguruan tinggi di Jateng, Jogjakarta, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

“Tahun ini, UKSW mengirimkan tim R2C untuk berlaga di KRI Regional 3 untuk mengikuti 2 kategori. R2C Warrior maju di divisi KRSBI Beroda dan R2C Alceo maju di divisi KRPAI Berkaki,” kata Iwan Setyawan saat menerima tim R2C di Gedung Administrasi Pusat (GAP) UKSW.

Andika Sukma Deryawan, salah satu dari 9 anggota Tim R2C Warrior mengungkapkan bahwa dari uji coba sampai babak terakhir, robot R2C Warrior berhasil mencetak 10 gol. “R2C Warrior harus tunduk dari robot UGM dengan skor akhir 2 – 3,” imbuh Andika.

Tim R2C mengakui banyak perubahan dalam laga KRI tahun ini dibanding tahun lalu. Ada beberapa strategi baru diterapkan untuk meraih hasil maksimal di tingkat nasional nanti. “Kami akan menyempurnakan program komunikasi antar robot dan positioning-nya,” ujar Andika ketika disinggung persiapan menuju nasional.

Dani Septya Ardhian menambahkan bahwa robot pemadam api akan melakukan beberapa penyempurnaan. “Kemarin kami melakukan inovasi kepala robot bisa berputar 360 derajat. Untuk tingkat nasional, kami akan ubah mekaniknya lagi agar hasilnya lebih baik,” imbuh Dani yang mendapat bimbingan Gunawan Dewantoro bersama timnya. (sas/ida)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here