Investor di Jateng Terbanyak Ke-4

  • Bagikan

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat, investor yang menanamkan modal di Jawa Tengah hingga Maret 2018 mencapai 61.466 pemodal. Jumlah tersebut menjadikan Jateng berada pada urutan ke-4 jumlah investor terbanyak dari 34 provinsi di Indonesia.

Kepala Unit Pemeriksaan KSEI, Fitriyanto mengatakan, pertumbuhan investor di pasar modal Indonesia terbilang cukup pesat. Hingga akhir Maret 2018 lalu, telah mencapai 1.216.278 investor yang mencakup investor pemilik Efek, Reksa Dana dan Surat Berharga diterbitkan Bank Indonesia.

“Terbanyak memang masih di seputar pulau Jawa. Untuk Jawa Tengah menduduki posisi keempat dengan jumlah investor sebanyak 61.466 pemodal. Dari jumlah tersebut sebanyak 15.019 investor berdomisili di Kota Semarang atau yang terbesar di provinsi Jateng,” ujarnya, kemarin.

Investor, lanjutnya, dapat memantau langsung portofolio investasi pada lembaga yang diberikan mandat untuk menyimpan data portofolio investor sesuai Undang-undang Pasar Modal. Sehingga aset lebih terjaga.

“Sayangnya, masih sedikit yang memanfaatkan fasilitas tersebut. Dari total 15.019 investor, yang melakukan pengecekan masih di bawah 2.000,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya bekerjasama dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) gencar melakukan edukasi dan sosialisasi untuk meningkatkan pemanfaatan fasilita AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas). Melalui fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) merupakan fasilitas perlindungan investor Pasar Modal Indonesia serta memberikan informasi terbaru tentang pengembangan infrastruktur yang tengah dilakukan KSEI. “Investor memiliki akses langsung melihat investasi di sistem kami,”ujarnya.

KSEI, lanjut dia, sedang mengembangkan fasilitas AKSes menjadi AKSes Next Generation (AKSes Next G) dengan fitur-fitur yang semakin menarik dan mudah digunakan. Ke depan, fasilitas AKSes tidak hanya dimanfaatkan investor saja melainkan Perusahaan Efek, Bank Kustodian hingga masyarakat umum. (dna/ric)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *