Ratusan Kaum Difabel Pungut Sampah

  • Bagikan
JAGA KEBUGARAN  : Ratusan anak difabel YPAC Kota Semarang ikuti jalan sehat memperingati HUT ke 64. (JOKO SUSANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
JAGA KEBUGARAN  : Ratusan anak difabel YPAC Kota Semarang ikuti jalan sehat memperingati HUT ke 64. (JOKO SUSANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Apa yang dilakukan ratusan penyandang disabilitas dari Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Kota Semarang, ini patut diacungi jempol dan menjadi inspirasi. Dalam kegiatan jalan sehat, Minggu (22/4), sebanyak 250 siswa SLB C dan D YPAC, mengkapanyekan peduli lingkungan.

Selain jalan kaki, diantara mereka juga ada yang menggunakan kursi roda. Dengan didampingi orang tua, mereka menelusuri rute dari kantor YPAC di Jalan KH Ahmad Dahlan, kemudian mengelingi Simpanglima serta Jalan Pahlawan. Menariknya, mereka juga memungut sampah yangbercecer di jalan sepanjang rute.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Semarang, Tommy Yermawan Said, mengapresiasi orang tua yang mau menyekolahkan anak difabelnya. Tommy juga mengapresiasi kegiatan tersebut, selain bisa menyehatkan badan, juga bisa turut serta kampanye peduli sampah dan menjaga lingkungan saat prosesi jalan sehat. Ia mengaku bangga karena kepedulian sampah tersebut semakin menarik karena diinisiasi oleh anak difabel.

”Jadi tidak ada yang tidak mungkin, difabel pun bisa berkreasi dan sukses seperti halnya Ida Modiste perancang busana yang telah dikenal di Semarang. Selama acaranya berlangsung kami amati, sampah tadi dikantongi sendiri-sendiri, sebelum akhirnya dibuang di tempat sampah di kantor YPAC,” kata Tommy disela-sela acara.

Selesai jalan sehat, peserta juga disuguhi hiburan musik di kantor YPAC sembari pembagian doorprize,  seperti kulkas dan sepeda.

”Jalan sehat ini salah satu kegiatan dalam memeriahkan HUT ke-64 YPAC Semarang yang jatuh pada 19 April 2018. Kalau total peserta jalan sehat ada 600 orang lebih, termasuk keluarga siswa SLB dan karyawan YPAC,” imbuh Ketua YPAC Semarang,  S Murtiningsih Dimulyo didampingi Rini Handayani. (jks/zal)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *