32 C
Semarang
Selasa, 22 Juni 2021

Istri Cemburui Mantan Pacar

Tanya dr Andi:

Dok, istri saya sering cemburuan, terakhir dengan mantan pacar saya. Ini sangat mengganggu hubungan kami, saya jadi tidak mood dengan istri. Saya merasa ia jadi menyebalkan. Bagaimana sebaiknya dok. Terimakasih.

(B di Smg)

Jawab dr Andi:

Kata orang, cemburu itu tandanya cinta. Cemburu itu ada dua, cemburu yang normal/ wajar dan cemburu buta/ berlebihan. Cemburu yang wajar itu memang tanda cinta. Tapi cemburu buta dan berlebihan itu salah satu tanda sebuah hubungan yang tidak sehat dan/ atau salah satu pihak yang tidak punya sikap yang positif terhadap pasangannya.

Ciri cemburu yang tidak wajar, 1) Sering marah karena mengganggap pasangannya memperhatikan orang lain/mantan pacar. 2) Merasa dirinya kurang dicintai pasangan. 3) Kurang memperhatikan pasangan, kebanyakan menonjolkan rasa tidak sukanya saja. 4) Mencari kesalahan pasangan tanpa introspeksi dirinya sendiri.

Untuk mendapatkan hubungan intim yang sehat dan memuaskan, perlu menghapus cemburu yang berlebihan/ cemburu buta. Bila diteruskan, pasangannya akan merasa sebal dan akhirnya bisa jadi seperti yang dituduhkan. Malah runyam. Cemburu buta itu tanda kurang percaya diri bahwa ia lebih baik dari mantannya.

Seksualitas itu seperti bumbu penyedap pada masakan. Makanan boleh saja bergizi tinggi, mengandung banyak protein, tapi bila kurang bumbu akan sulit ditelan, atau jadi malas menikmati. Tapi juga jangan kebanyakan bumbu, nanti keasinan. Bisa tekanan darah tinggi.

Untuk mengurangi cemburuan, berikan perhatian lebih pada pasangan. yakinkan dia bahwa anda mencintainya lebih dari siapapun. Mencintai itu bisa dengan bermacam hal, berbagai format. Bisa dengan romantisme, bisa dengan memberikan apa yang dibutuhkan, bisa berupa materi, waktu, perhatian, dan tentunya kebutuhan seksual.

Bila anda jadi tidak mood, itu artinya cemburuannya sudah melebihi takaran normal. Bila diteruskan bisa menggganggu gairah dan kualitas ereksi, seperti yang sudah terjadi pada suami. Mungkin perlu dikonsultasikan, terutama bila tidak bisa diselesaikan berdua. perlu pihak yang netral dan menginspirasi.

(www.dokterAndi.com)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here