32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

Stikes Widya Husada Deteksi Kejiwaan Warga Tambakharjo

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes ) Widya Husada Semarang, belum lama ini menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Kelurahan Tambakharjo. Salahsatunya mendeteksi dini kesehatan jiwa warga RW 1, 2, dan 7.

Kepala Program Studi Ners, Stikes Widya Husada, Ns. Tri Sakti Widyaningsih, M.Kep, SP, Kep.An mengatakan, kegiatan tersebut sekaligus pelatihan kepada masyarakat yang dijadikan kader agar bisa melakukan pendeteksian dini jika warganya mengalami gangguan kesehatan jiwa. “Total ada 20 kader yang kami ajak dengan metode role play,” katanya kemarin.

Ia menjelaskan, gangguan jiwa sendiri bisa menyerang siapa saja tanpa memandang umur. Beberapa hal yang memiliki risiko terkena gangguan jiwa misalnya memiliki hypertensi dan penyakit gula. Selain itu juga masyarakat yang memiliki keturunan dengan gangguan jiwa. “Faktor yang melandasi biasanya menutup diri dari lingkungan, harga diri, beban hidup, stres, hingga depresi,” katanya.

Langkah pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan menjadi sangat penting agar faktor risiko tersebut tidak semakin parah. Disamping itu juga diperkuat dengan penuyuluhan penyalahgunaan zat adiktif atau narkoba. “Dari temuan itu, kemudian harus dilakukan diskusi untuk langkah antisipasi. Jika sudah parah bisa dirujuk ke Puskesmas atau Rumah Sakit Jiwa,” bebernya.

Dengan adanya pendeteksian dini tersebut, diharapkan bisa meminimalisir semakin parahnya kondisi kejiwaan seseorang. Bahkan lebih parahnya akan membuat efek negatif di tengah masyarakat jika mengamuk. “Karena membuat sering mengamuk dan menganggu warga, akhirnya dipasung, nah ini harus dihindari dengan pendeteksian dini sehingga tidak bertambah parah,” pungkasnya. (den/sct/zal)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here