32 C
Semarang
Kamis, 24 Juni 2021

Semarak Pemilihan Mas Mbak SMAN 4

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Menyemarakkan Hari Kartini, SMAN 4 Kota Magelang menggelar pemilihan Mas dan Mbak, Kamis (19/4) kemarin. Kegiatan ini seluruhnya dikerjakan oleh siswa termasuk dalam merias calon pesertanya.

“Ini bedanya. Kalau biasanya yang merias itu salon, di kami anak-anak sendiri yang merias. Mereka bekerja sama merias temannya yang maju dalam ajang pemilihan itu,” kata Kepala SMAN 4 Magelang, Sri Sugiyarningsih, Kamis (19/4) di sela-sela acara pemilihan.

Ningsih -sapaan akrab Sri Sugiyarningsih- menuturkan, proses tata rias menjadi bagian penilaian dalam lomba pemilihan duta sekolah tersebut. Proses ini, menurut dia, akan menuntut para siswa mandiri menata rias teman sendiri dengan alat-alat yang ada.

“Otomatis anak-anak dituntut memiliki keterampilan tata rias, meski secara formal tidak diajarkan di sekolah. Hasilnya luar biasa, ternyata anak-anak memiliki skill tata rias yang tidak kalah dari profesional,” tuturnya.

Ketua panitia peringatan Hari Kartini SMAN 4 Kota Magelang, Amelia Vanesa Limantoro menjelaskan, pemilihan Mas dan Mbak diikuti 18 pasangan. Peserta merupakan wakil dari masing-masing kelas.

“Penilaian dari mulai tata rias, catwalk di atas panggung, dan mengikuti sesi tanya jawab. Pertanyaan seputar pengetahuan umum, wawasan lingkungan, dan fasih dalam berbahasa Inggris,” jelas Amelia.

Para peserta yang memakai pakaian adat Surakarta ini dinilai dari keluwesan berjalan di atas catwalk dan keserasian dalam berbusana. Tim penilai berasal dari guru sekolah setempat.

“Pemilihan duta ini setiap tahun kami laksanakan. Selain untuk memperingati Hari Kartini, juga sebagai persiapan pemilihan Duta Wisata Kota Magelang. Karena sekolah kami selalu rutin mengirimkan wakilnya,” ungkap siswa kelas XI IPA itu.

Lebih dari itu, menurut Amelia Hari Kartini tidak semata-mata diperingati melalui kegiatan, tetapi juga menyelami sosok pahlawan emansipasi wanita tersebut.

“Kartini berpandangan luas dan sangat menghargai orang lain. Kartini juga bisa mengeksplorasi dirinya sendiri untuk berkembang. Semangat inilah yang patut dicontoh oleh anak-anak muda milenial seperti kami ini,” tutur Amelia. (had/lis)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here