32 C
Semarang
Rabu, 23 Juni 2021

Jamkrindo Pacu Startup Lebih Berkembang

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) pacu perkembangan startup, utamanya yang dijalankan mahasiswa. Semakin berkembang perusahaan rintisan mahasiswa, diharapkan semakin banyak tercipta lapangan kerja.

Direktur Utama (Dirut) Perum Jamkrindo Randi Anto menyebutkan dorongan ini diberikan agar para mahasiswa nantinya tidak bergantung kepada pemerintah dalam hal pekerjaan. Dengan kemampuan berwirausaha, justru mereka mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.

”Kita ingin mendorong munculnya inovasi mahasiswa untuk bisa mandiri,” jelasnya di sela acara Roadshow Strartup Challenge di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro, Selasa (17/4).

Randi menjelaskan, dalam hal ini Jamkrindo telah menggandeng sejumlah perusahaan fintech sebagai komitmen pembiayaan. Selain merupakan tuntutan jaman, pembiayaan fintech dinilai lebih memudahkan startup yang secara bisnis visible, namun ketika ke bank belum bankable.

”Kalau ada startup mau pinjem ke fintech dan fintech-nya masih ragu-ragu, kita akan melakukan evaluasi pada startup tersebut kemudian melakukan penjaminan hingga fintech -nya oke,” tegasnya sembari menambahkan bahwa kepada startup sesuai dengan kriteria, Jamkrindo juga siap untuk melakukan pendampingan.

Rektor Undip, Yos Johan Utama mengapresiasi upaya yang dilakukan Jamkrindo. Yos menilai ini merupakan upaya mencetak pemimpin-pemimpin di bidang wirausaha. Dirinya berharap, upaya ini mampu melahirkan para pelaku bisnis yang inovatif sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

”Sebab mahasiswa ketika lulus nanti tidak harus bekerja sebagai anak buah. Ini sinergi yang bagus sekali. Saya yakin para mahasiswa ini akan menjadi leader di masa depan,” jelasnya.

”Tentu akan banyak tantangan. Sudah pasti ada hambatan. Tapi ingat, pelaut yang hebat lahir dari  lautan yang ganas,” imbuh Yos berpesan. (sga/zal)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here