Lupa Matikan Kompor, Rumah Ludes Terbakar

  • Bagikan
RATA TANAH: Petugas dari Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang saat berusaha memadamkan api di rumah Sedarsih, dibantu warga setempat, kemarin. (DOK BPBD KABUPATEN SEMARANG)
RATA TANAH: Petugas dari Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang saat berusaha memadamkan api di rumah Sedarsih, dibantu warga setempat, kemarin. (DOK BPBD KABUPATEN SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, UNGARAN – Si jago merah kembali beraksi dengan melumat rumah salah satu warga Dusun Krajan Desa Klepu Kecamatan Pringapus, Rabu (18/4). Peristiwa kebakaran yang menimpa rumah Sri Sedarsih, 64, tersebut terjadi pada pukul 04.00 WIB.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Semarang, Tajudin Noor mengungkapkan jika kebakaran bermula saat si pemilik rumah lupa mematikan kompor usai memasak.“Menurut pengakuan pemilik rumah, kejadian sekitar ada sekitar pukul 04.00 WIB,” kata Tajudin, Rabu (18/4).

Saat itu, si pemilik rumah awalnya hanya mencium bau asap dan mendengar bunyi letusan-letusan kecil dari dalam rumahnya. Ia tidak mengira jika asap tersebut berasal dari dalam rumahnya sendiri. Setelah ia melakukan pencarian sumber asap, ia mendapati dapur rumahnya sudah di lalap api.

Dijelaskan Tajudin, api mudah menjalar ke bagian belakang rumah korban lantaran rumah terbuat dari kayu. Adapun lokasi rumah korban persis di belakang balai Desa Klepu Kecamatan Pringapus.

Menggunakan alat yang seadanya, warga setempat berusaha memadamkan api yang semakin membesar di rumah Sedarsih. Material kayu membuat api sulit dipadamkan dan dengan cepat menjalar.

“Warga berdatangan juga sempat membantu mengeluarkan barang-barang dari rumah dan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Warga beberapa saat kemudian baru melaporkan kejadian tersebut kepada Damkar,” tuturnya.

Namun api sudah menjalar ke semua bagian rumah Sedarsih. Dikarenakan angin bertiup cukup kencang mempercepat penyebaran api, sehingga membakar rumah semi permanen berukuran 12 x 8 meter tersebut hingga rata dengan tanah.

Butuh waktu 20 menit warga dan Damkar Satpol PP berhasil memadamkan api di rumah Sedarsih. “Api diduga berasal dari kompor gas buat memasak lupa dimatikan. Tidak ada korban jiwa dan saat ini masih ditangani Polsek Bergas,” ujarnya. (ewb/bas)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *