30 C
Semarang
Kamis, 10 Juni 2021

Wonosobo Tuan Rumah Kejurnas Paralayang

RADARSEMARANG.COMWONOSOBO – Potensi alam Wonosobo, terutama di Desa Lengkong, Kecamatan Garung cocok untuk paralayang. Hal ini menjadikan Wonosobo bakal menjadi tuan rumah kejuaraan nasional (kejurnas) paralayang, yang rencananya digelar pada pertengahan September.

Demi suksesnya perhelatan prestisius tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo mengajak sejumlah pihak terkait untuk berkoordinasi mematangkan persiapan. Termasuk salah satunya venue alias tempat dilangsungkannya kejuaraan.

Venue Kejurnas Paralayang kita ambil di Lengkong, Garung yang selama 3 tahun terakhir ini sudah terbukti mampu memenuhi standar kelayakan untuk kejuaraan,” jelas Kepala Dispardbud  Wonosobo One Andang Wardoyo, ketika ditemui usai memimpin rakor persiapan kejurnas bersama beberapa pihak terkait, Jumat (13/4).

Dispardbud selaku representasi Pemkab Wonosobo akan berupaya maksimal, agar nantinya kejuaraan yang diprediksi bakal diikuti ratusan atlet nasional itu berjalan seperti yang diharapkan.

Selain komunitas paralayang Wonosobo, Andang mengaku dalam rakor tersebut, dihadiri pula perwakilan Perhutani Kedu Utara selaku pemangku hutan lindung kawasan Lengkong.

“Hampir semua yang akan terlibat kami hadirkan bahkan LSM di bidang lingkungan hidup, serta unsur pemerintah desa maupun kecamatan setempat juga ikut rakor,” beber Andang.

Dalam hal venue kejuaraan yang berada dalam kawasan hutan lindung Perum Perhutani, Andang juga menyebut pihaknya berupaya agar tidak sampai merusak hutan. Meski diakuinya kebutuhan sarana serta infrastruktur pendukung paralayang juga sangat penting untuk dapat dipenuhi.

Harapan terkait suksesnya penyelenggaraan kejurnas juga diungkap Ketua Komunitas Paralayang Wonosobo, Nurcholis. Menurutnya, perkembangan olahraga paralayang di Wonosobo cukup menggembirakan hingga mampu memperoleh kepercayaan sebagai tuan rumah tingkat nasional.

“Selama 3 tahun terakhir ini kami memang berupaya aktif menggelar even di Lengkong. Bahkan yang kejurda semikejurnas yang diikuti para atlet dari luar Jawa Tengah tahun lalu terbilang sangat sukses,” ungkap Nurcholis.

Karena itulah, untuk kejuaraan tingkat nasional pada September mendatang, Nurcholis menyebut peserta yang turut berpartisipasi bisa mencapai ratusan.

Terkait persiapan sarana jalan maupun infrastruktur pendukung, Camat Garung Supriyadi mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Lengkong untuk mempercepat pembenahan sarana pendukung kejurnas. (ali/lis)

Latest news

Garuda Ayolah

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here