Pentingkah IPS Diberikan pada Siswa SD?

spot_img

RADARSEMARANG.COM – ILMU Pengetahuan Sosial (IPS) penting bagi siswa SD karena di dalamnya memuat materi yang mempersiapkan dan mendidik siswa untuk hidup dan memahami dunianya. Di samping itu siswa usia SD merupakan calon dari masyarakat, sehingga mereka memerlukan bekal untuk bersosialisasi di dalam kehidupan masyarakat. Tujuan utama IPS adalah untuk mengembangkan potensi siswa agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat, memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala penyimpangan yang terjadi di masyarakat, dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa masyarakat.

Tetapi dalam pembelajaran IPS pada siswa SD harus memperhatikan kebutuhan anak yang berusia antara 6-12 tahun. Anak dalam kelompok usia 7-11 tahun menurut Piaget (1963) berada dalam perkembangan kemampuan intelektual/kognitifnya pada tingkatan kongkrit operasional. Mereka memandang dunia dalam keseluruhan yang utuh, dan menganggap tahun yang akan datang sebagai waktu yang masih jauh. Yang mereka pedulikan adalah sekarang (kongkrit), dan bukan masa depan yang belum mereka pahami (abstrak). Padahal bahan materi IPS penuh dengan pesan-pesan yang bersifat abstrak. Konsep-konsep seperti demokrasi, musyawarah, nilai-nilai pancasila, peranan, atau kekuasaan adalah konsep-konsep abstrak yang dalam program studi IPS harus dibelajarkan kepada siswa SD.

Karakteristik siswa usia SD merupakan tahapan perkembangan penting dan mendasar bagi perkembangan siswa pada tahab selanjutnya. Sehingga sebagai guru perlu memahami sifat dan karakteristik siswa SD ini. Secara umum siswa SD memiliki beberapa karakter diantaranya yaitu masih suka bermain, senang beergerak, senang bekerja dalam kelompok, dan bahkan senang merasakan atau melakukan sesuatu secara langsung sedangkan karakteristik IPS di SD adalah mempelajari kehidupan sehari-hari yang langsung dapat diamati dan dipahami siswa dalam pengorganisasian materi yang dilakukan. Mulai dari lingkungan yang terdekat terlebih dahulu sampai pada  lingkungan yang jauh yaitu mulai  lingkungan keluarga, sekolah, tetangga, dan masyarakat sekitar.

Baca juga:   Grafiti Ubah Vandalisme Jadi Karya Seni

Dalam pembelajaran pendidikan IPS, siswa diharapkan memperoleh pemahaman terhadap sejumlah konsep dan mengembangkan serta melatih sikap, nilai, moral, dan ketrampilannya berdasarkan konsep yang telah dimilikinya. Dengan demikian, pembelajaran pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial harus diformalisasikannya pada aspek kependidikannya. Untuk itu perlu pendidik yang sesuai dibidangnya agar bisa mendorong dan mengembangkan materi pelajaran IPS.

Secara mendasar pengajaran IPS berkenaan dengan kehidupan manusia yang melibatkan segala tingkah laku dan kebutuhannya. IPS berkenaan dengan cara manusia menggunakan usaha memenuhi kebutuhan materinya, memenuhi kebutuhan kejiwaannya, mengatur kesejahteraannya, dan lain sebagainya yang mengatur serta mempertahankan kehidupan masyarakat manusia. IPS juga merupakan ilmu pengetahuan yang memadukan sejumlah konsep pilihan dari cabang ilmu sosial dan ilmu lainnya serta kemudian diolah berdasarkan prinsip-prinsip pendidikan dan didaktif untuk dijadikan program pengajaran pada tingkat persekolahan.

Proses belajar mengajar IPS di sekolah umumnya dianggap tidak menarik, bahkan merupakan mata pelajaran yang tidak begitu penting sehingga siswa dalam proses belajar mengajar tidak begitu serius mengikutinya. Untuk itu guru IPS perlu memiliki wawasan yang luas agar materi pelajaran yang dikembangkannya ditempatkan sebagai upaya menyiapkan para siswanya menjadi bagian dari masyarakat dunia yang cepat berubah dan mampu memenangkan persaingan atau berperan dalam berbagai kehidupan masyarakat. Dengan wawasan yang luas sebagai guru IPS maka pembelajaran bagi siswa SD pasti akan menyenangkan dan sangat bermanfaat.

Baca juga:   Metode RPL Gairahkan Pembelajaran Sejarah Zaman Pra Aksara di Indonesia

Pada dasarnya pendidikan IPS adalah untuk mendidik dan memberi bekal kemampuan dasar pada siswa untuk mengembangkan diri sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan lingkungannya, serta sebagai bekal siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. IPS merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial   yang dirumuskan atas dasar realitas dan fenomena sosial yang mewujudkan satu pendekatan interdisipliner dari aspek cabang-cabang ilmu-ilmu sosial  yang bertujuan membina anak didik menjadi warga Negara yang baik, memiliki pengetahuan, ketrampilan dan kepedulian sosial  bagi dirinya sendiri serta bagi masyarakat dan negara. Jadi, IPS itu sangat penting diberikan bagi siswa SD. (tj3/2/aro)

 Guru MIN Kwangen Gemolong Sragen

Author

Populer

Lainnya