31 C
Semarang
Selasa, 11 Mei 2021

Padukan Kebaya dengan Celana Kulot Batik

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Melestarikan busana warisan budaya nenek moyang, yakni kebaya, Margaria Batik Semarang mengeluarkan tiga jenis kebaya guna menyambut Hari Kartini, 21 April mendatang. Tiga kebaya yang dipamerkan adalah kebaya jenis kasual, formal, dan modern, dengan tema ‘Pesona Kebaya Nusantara,’di outlet Margaria Batik Semarang di Ruko Mal Ciputra Simpang Lima, Sabtu (14/4).

Pimpinan Batik Margaria Semarang, Maftukhatus Sa’diyah, menuturkan, sesi pertama dipamerkan 6 kebaya kasual yang dipadupadankan dengan celana batik. Kebaya ini sendiri menyasar anak muda yang ingin tampil dengan kebaya, namun tetap terlihat trendi.

“Kebaya ini menggunakan bahan brokat dan dikombinasikan dengan kebaya kutu baru, cocok untuk santai atau acara non formal,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Kebaya kasual ini dipadukan dengan celana kulot batik. Dari segi warna, kebaya kasual lebih mengusung warna ceria, seperti warna merah muda, mint hijau, merah dan yang lain, agar muncul kesan berani dan energik.

Sementara pada sesi kedua, ditampilkan kebaya jenis formal yang bisa digunakan untuk acara pesta ataupun acara formal lainnya. Kebaya ini menggunakan bahan taveta, sehingga terkesan lebih berkilau dan glamour. Dari segi bawahan dipadukan dengan batik tradisional dari Jogja, Solo dan sebagainya.

“Agar tekesan lebih mewah menggunakan bawahan model wiru atau lipatan. Kebaya ini cenderung menggunakan warna kalem, namun lebih berkilau dari segi bahan,” ucapnya.

Untuk koleksi kebaya modern ditampilkan kebaya yang berbahan lace dan brokat. Sedangkan  untuk bawahan dipadupadankan dengan sarung atau selendang jenis sutra ataupun fiscos. Dari segi warna, kebaya modern menggunakan warna yang lebih ngejreng atau warna terang. “Paduan dengan selendang sutera ini, membuat kebaya modern akan terkesan lebih glamour dan masa kini. Khusus kebaya ini bisa digunakan dalam acara formal ataupun non formal,” jelasnya. (den/aro)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here