31 C
Semarang
Selasa, 11 Mei 2021

Semarang Berangkatkan 55 Mobil Fortuner  

Dirlantas Lepas Peserta Jamnas SFC Ketiga di Surabaya

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Sebanyak 55 mobil anggota Semarang Fortuner Community (SFC) diberangkatkan ke Surabaya, untuk mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) ke-3 pada Sabtu (14/4) dan Minggu (15/4) mendatang. Rombongan SFC ini, diberangkatkan oleh Dirlantas Polda Jateng, Kombespol Bakharuddin yang mewakili Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono, di Mapolda Jateng, Jumat pagi (13/4).

Ketua Umum SFC, Susanto mengatakan bahwa komunitas tersebut, berangkat ke Surabaya memiliki berbagai misi, di antaranya memajukan pariwisata di Jateng, hingga misi menjadi contoh disiplin berlalulintas melalui sikap dan semboyan pelopor disiplin dalam berlalu lintas.

“Ada misi sosialnya juga, yakni bakti sosial, donasi bagi yang membutuhkan dan lainnya. Dalam Jamnas yang digelar dua tahun sekali ini, total ada 200 mobil Fortuner yang akan memadati Kota Pahlawan Surabaya,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa perjalanan atau Goes To Jamnas tersebut dapat terlaksana atas dukungan beberapa pihak, di antaranya Kapolda Jateng, Nasmoco, Sukun, G Media, Bank BTN, Hotel Pandanaran Semarang, NBI, PT Widya Waskita Wijaya, Anisa Catering dan Parantapa, serta IMI Jateng. Dalam perjalanan itu, rombongan mendapatkan pengawalan 2 unit mobil Patwal dari Polda Jateng dan 1 unit mobil NEA dari Nasmoco.

“Kami melibatkan Patwal dari Polda Jateng. Harapannya, komunitas ini bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat. Demi keamanan, setiap mobil harus ada alat komunikasi yang terkoneksi dengan mobil lainnya,” ucapnya.

Komunitas yang punya Jargon Besar Karena Persahabatan, Hebat Karena Saudara ini, membawa sanak keluarga dalam acara Jamnas. Harapannya, untuk menjaga kebersamaan, persahabatan, dan persaudaraan seluruh anggota. Dalam kegiatan Jamnas, lanjut pria yang akrab disapa Santo ini, juga diselenggarakan city tour hingga galadinner.

“Komunitas ini terbentuk selain sebagai wadah hobi, juga untuk memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara. Karena basic-nya club keluarga, tentu SFC mengutamakan kebersamaan. Bukan semena-mena di jalan, tapi harus membangun relasi antar anggota, taat berlalulintas dan menghargai sesama pengendara jalan,” jelas pentolan komunitas yang berdiri sejak 6 Juni 2011 ini.

Sementara itu, Kombes Pol Bakharuddin M, sebelum memberangkatkan berpesan kepada anggota SFC untuk terus menjaga ketertiban lalu lintas selama touring sesuai dengan stiker yang telah terpasang di mobil saat konvoi, Saya Pelopor Keselamatan Berlalulintas. “Dari stiker itu, harus diresapi jika kita adalah duta. Duta keselamatan di semua lokasi, tempat tinggal, lingkungan dan jalan yang kita lewati,” katanya.

Bakharuddin menjelaskan, karena menjadi seorang pelopor, harus memiliki adab dan intelektual dalam berkendara, di antaranya tidak melakukan modifikasi mobil yang membahayakan keselamatan diri dan pengguna jalan lainnya. “Karenanya, jadilah pelopor yang beradab dan intelektual. Tunjukkan arti komunitas yang bagus dan positif,” ujarnya.

Selain itu, Dirlantas juga menekankan, terkait slogan Menuju Indonesia Tertib, Bersatu Keselamatan Nomor Satu. Hal ini agar peserta konvoi selalu santun di jalan, menghormati sesama pengguna jalan dan tidak mengganggu lalu lintas. “Jangan melanggar lalu lintas bahkan melawan arus. Kami membutuhkan komunitas untuk mengampanyekan budaya tertib lalu lintas,” pungkasnya. (den/bis/ida)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here