32 C
Semarang
Rabu, 23 Juni 2021

Kota Pekalongan Terima Pangripta Abipraya

RADARSEMARANG.COM, PEKALONGAN – Pemerintah Kota Pekalongan kembali raih penghargaan Anugerah Pangripta Abipraya tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2018. Penghargaan ini diberikan karena Pemkot Pekalongan dinilai melakukan proses dan dokumen perencanaan pembangunan daerah dengan baik.

“Pangripta Abipraya adalah anugerah penilaian proses dan dokumen perencanaan pembangunan daerah. Kami bersyukur Kota Pekalongan mendapat predikat B,” ucap Kepala Bappeda Kota Pekalongan, Anita Heru Kusumorini, pada Kamis (12/4).

Penghargaan tersebut kata Anita diserahkan Plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sujatmoko kepada Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz pada musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jawa Tengah di Gedung Grhadika Bhakti Praja Kantor Gubernur Jawa Tengah Semarang Kamis (12/4).

Selain Kota Pekalongan, yang mendapatkan pernghargaan serupa Kota Semarang, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Banjarnegara. Sedangkan yang mendapat predikat sangat baik yakni Kota Surakarta dan Kota Magelang.

Diceritakan lebih lanjut, perjalanan Pemkot Pekalongan dalam penilaian anugerah Pangripta Abipraya Tingkat Jawa Tengah, dimulai dokumen kegiatan musrenbangkel, musrenbang kecamatan, forum perangkat daerah I dan II dan sampai tingkat kota. Banyak  pihak yang terlibat dalam perencanaan pembangunan daerah sampai dengan ketepatan waktu penetapan oleh DPRD.

Sistem penilaian penghargaan kali ini juga berbeda dari tahun sebelumnya. Untuk Kota yang tahun lalu sudah lolos seleksi, penilaian hanya dari dokumen perencanaan yang dikumpulkan saja.

“Tahun ini tidak ada paparan, sehingga tidak ada kesempatan untuk memperbaiki nilai,” ujarnya.

Terpisah, Wali Kota HM Saelany Machfudz mengatakan penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras semua pihak yang dimotori Bappeda Kota Pekalongan. Menurut dia, penghargaan tersebut juga sebagai indikator bahwa dokumen perencanaan pembangunan di Kota Pekalongan menunjukkan kualitas yang baik.

“Terima kasih kepada segenap jajaran ASN yang sudah bekerja keras menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah dengan baik sehingga  mendapatkan predikat baik,” tandasnya. (han/lis)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here