31 C
Semarang
Rabu, 12 Mei 2021

Masih Ada Siswa Gaptek UNBK

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Demak, masih menjadi kendala bagi sebagian siswa. Meski sudah dilatih saat tryout, namun masih ada diantara mereka yang gagap (minder) teknologi sehingga kesulitan mengerjakan soal di lab komputer.

Kondisi ini harus menjadi perhatian pemerintah agar tidak memaksakan siswa yang tidak mahir komputer untuk ikut UNBK.

Hal ini mengemuka dalam tinjauan di sejumlah sekolah di Demak kemarin. Sidak UNBK dilakukan langsung Bupati Demak HM Natsir dan Wabup Joko Sutanto. Tinjauan dilakukan di SMAN 3 dan SMAN 1 Demak serta MAN Demak. Sedangkan, Wabup Joko meninjau UNBK di SMAN 2 Demak dan SMAN 1 Mijen.

Meski ada kendala kemampuan siswa dalam menggunakan komputer, namun secara umum UNBK berjalan lancar. Berdasarkan data Dinas Pendidikan setempat, peserta UNBK total ada 28.764 siswa dengan jumlah sekolah sebanyak 326 lembaga pendidikan mulai SD hingga paket C. Sedangkan, khusus untuk UNBK tingkat SMA, terdapat 3.962 siswa tersebar di 26 sekolah. Adapun, yang ikut ujian nasional dengan kertas dan pensil (UNKP) total ada 23.815 siswa tersebar di 704 sekolah. Khusus untuk UNKP tingkat SMA ada 529 siswa dengan 7 sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Demak, Anjar Gunadi mengatakan, pihaknya terus melakukan monitoring pelaksaaan UNBK dan UNKP tersebut. “Kita bersama Pak Bupati dan Pak Wabup berbagi tugas untuk meninjau ujian ini,” katanya.

Menurutnya, di Demak, ujian dilakukan dengan dua model yaitu UNBK dan UNKP. Tahun ini, sudah 96 persen siswa ujian dengan sistem UNBK. “Harapannya ke depan bisa 100 persen,”ujar Anjar.

Wabup Joko Sutanto mengatakan, secara umum, pelaksanaan ujian berjalan sesuai harapan. “Tidak ada kendala listrik sehingga peserta tidak terganggu saat ujian. Sekolah yang menjalankan UNBK juga sedia genset,”katanya.

Kepala SMAN 2 Demak, Siti Asiyah menambahkan, mesih genset menjadi salah satu standar operasional (SOP) dalam UNBK. “Karena itu, di sekolah kami juga sedia genset,”katanya.

Menurutnya, dalam ujian ini, soal yang diujikan dalam komputer masing-masing siswa berbeda. Dengan demikian, mereka lebih fokus mengerjakan soal yang ada dihadapannya.  “Di SMAN 2 ada 374 siswa yang ikut UNBK. Yaitu, jurusan IPA 233 siswa dan jurusan IPS ada 141 siswa,”katanya. (hib/zal)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here