26 C
Semarang
Rabu, 9 Juni 2021

Seni Srandul Dipamerkan di TMII

RADARSEMARANG.COM, KENDAL – Pemkab Kendal akan memperkenalkan kesenian Srandul di Anjungan Jateng Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada pertengahan bulan ini. Srandul diangkat sekaligus untuk memperkenalkan seni pertunjukkan yang sudah lama menghilang atau jarang dipertontonkan.

Sekda Kendal, Mohammad Toha mengatakan jika Srandul merupakan seni pertunjukan drama atau seni peran. Kesenian ini berbasis pada drama tradisional kerakyatan yang menampilkan kisah-kisah persoalan pertanian, berkubang pada persoalan kesuburan, kemakmuran, wabah, dan bencana.

Kesenian ini dulu banyak dijumpai di wilayah Kendal atas seperti Singorojo dan Limbangan. Tapi bertambahnya usia para seniman, kini tinggal beberapa kelompok seniman yang masih bertahan. “Dengan kita angkat di Nasional, harapannya bisa mengangkat dan mengembangkan kembali Srandul di Kendal,” kata Toha, disela konferensi pers di Operasional Room Kantor Bupati Kendal, kemarin (9/4).

Dikatakannya, jika karakteristik yang paling menonjol dari Srandul adalah dipakainya oncor atau obor yang ditancapkan di tengah arena pertunjukan. “Obor ini ini adalah simbol dan kesakralan dalam ritual selama pertunjukkan berlangsung,” jelasnya.

Selain seni pertunjukan Srandul, renacananya juga akan dipamerkan bazar kuliner khas Kendal dengan menggandeng UMKM Kendal. “Forum ini juga untuk silahturahmi Paguyuban Keluarga Kendal (Pakken) yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek),” sambungnya.

Momen tersebut juga akan dimanfaatkan Kendal untuk mempromosikan Wisata-wisata Kendal. Baik wisata milik Pemda Kendal, swasta maupun yang dikelolah oleh masyarakat (Kempok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Beberapa wisata yakni Curug sewu, Kolam Renang Boja, Pantai Sendang Sikucing. Selain itu wisata swasta seperti Tirtoarum Barum, The Sea Pantai Cahaya, Waterland Sekartama, Pantai Ngebum, Agrowisata Plantera, Kampoeng Jawa Sekatoel, dan sebagainya.

Pembina Dewan Kesenian Kendal, Sonny Wisnu Murti mengatakan jika Srandul yang akan ditampilkan akan membawakan lakon Kisah Misteri Kiai Kendil Wesi. Kiai Kendil Wesi atau Tumenggung Singowijoyo yang merupakan Bupati Kendal.

Kiai Kendil Wesi ini tewas di gunung Tidar Magelang ketika terjadi geger Pakunegaran. Kemudian ia digantikan oleh kemenakannya dengan gelar Tumenggung Mertowijoyo. Setelah meningal dunia, jenazah dan pusaka Kendil Wesinya dimakamkan di bawah pohon Doropayung Desa Sukolilan, Kecamatan Patebon. (bud/bas)

Latest news

Garuda Ayolah

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here