32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

Pedagang Pasar Blauran Pilih Kembali ke Jalan

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Rendahnya kesadaran sebagian pedagang untuk berjualan ditempat yang disediakan membuat Satpol PP terus menggencarkan patroli. Salah satu tujuannya adalah kawasan Pasar Blauran, guna mengantisipasi pedagang yang memilih berjualan di pinggir jalan dan enggan menempati los yang sudah dibangun oleh Dinas Perdagangan.

“Kami tiap hari melakukan patroli rutin mulai pagi. Bila ada yang kedapatan berjualan di tepi jalan, maka akan kami tertibkan. Identitasnya juga kita data.  Tugas kita membina, bila ada yang kita amankan dagangannya, kita serahkan ke Dinas Perdagangan,” ujar Kepala Satpol PP Yayat Nurhayat, kemarin.

Sejak diresmikan penggunaannya sejak bulan Februari lalu, beberapa pedagang di pasar los Blauran ada yang memilih kembali ke habitatnya dengan berjualan di pinggir jalan. Lebih jauh Yayat memaparkan, pihaknya juga bisa berinisiatif bila melihat ada yang melanggar Perda dengan berjualan di kawasan larangan. Dikatakannya, pedagang di kawasan sepanjang Jalan Makam Pahlawan sudah dibuatkan bangunan los di Blauran.

Sejumlah pedagang mengakui enggan berjualan didalam Pasar Blauran baru tersebut. Para pedagang bermain kucing-kucingan dengan petugas. Mereka mau berjualan di los dalam pasar baru jika dilakukan operasi atau dijaga oleh Satpol. Namun bila tidak ada, mereka akan kembali
berjualan di pinggir jalan.

“Kalau berjualan di pinggir jalan langsung dijangkau oleh konsumen yang lewat. Kalau di los meski lokasinya juga di pinggir  jalan namun pembeli enggan mampir,” kata salah seorang pedagang sayuran yang enggan disebutkan namanya.

Diketahui, pembangunan los Pasar Blauran tersebut sudah rampung dan diresmikan pemanfaatannya oleh Walikota Yuliyanto pada pertengahan bulan Februari silam. Pembangunan pasar tersebut didanai oleh Kementrian Koperasi dan dana pendamping dari APBD 2017.

Los pasar tersebut mampu menampung sekira 129 pedagang. Sehingga para pedagang yang selama ini berjualan di pinggir jalan Taman Makam Pahlawan bisa masuk ke pasar los tersebut. (sas/bas)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here