28 C
Semarang
Jumat, 11 Juni 2021

Satu Jam, Tilang 136 Kendaraan Bermotor

RADARSEMARANG.COM, KAJEN-Hanya dalam 1 jam, petugas gabungan dari Sat Lantas Polres Pekalongan dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pekalongan, berhasil menilang 136 kendaraan dalam razia kendaraan, di Jalan Kuku Karanganyar, Jumat (6/4). Hal tersebut lantaran masih rendahnya kesadaran tertib lalulintas para pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dalam operasi tersebut, petugas gabungan memeriksa seluruh pengendara yang melewati di sepanjang Jalan Raya Kulu-Karanganyar. Terkait kendaraan roda dua, diperiksa petugas Satlantas Polres Pekalongan, meliputi kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor, pengecekan spion, helm, knalpot, berstandart nasional dan kelayakan kendaraan.

Sedangkan Dishub Kabupaten Pekalongan memeriksa angkutan umum serta truk dan mobil angkutan lainnya yang melebihi muatan angkut, termasuk memeriksa KIR kendaraan, serta surat izin kelengkapan lainnya.

“Kami akan memeriksa pengendara bermotor yang melanggar peraturan lalu lintas serta menilang kendaraan yang tak sesuai spesifikasi (modifikasi) motor,” ungkap Kasat Lantas Polres Pekalongan, AKP Bobby Anugrah Rachman.

Menurut AKP Bobby Anugrah, razia tersebut sengaja dilakukan guna menekan angka kecelakaan. Sebab, salah satu penyebab kecelakaan, karena pengendara tidak mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara, dan sering ugal-ugalan dalam berkendaraan. Selain itu, untuk mengantisipasi tindak kriminalitas seperti mencuri dengan kekerasan (curas), mencuri dengan pemberatan (curat) maupun pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) atau 3C. Karena itu pemeriksaan surat administrasi berkendaraan diutamakan.

”Penyebab kecelakaan pengendara adalah tidak taat peraturan lalu lintas dan kelayakan kendaraannya tidak sesuai standarnya. Makanya, saya mengimbau masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas,” katanya.

Razia gabungan tersebut, jelasnya, telah berhasil menindak sebanyak 136 pelanggar. Adapun barangbukti berupa 110 STNK, 20 SIM dan 6 Ranmor (kendaraan bermotor). “Sat Lantas Polres Pekalongan telah berhasil menindak pelanggaran sebanyak 136 dengan surat tilang, kurang lebih dalam kegiatan selama satu jam,” tegasnya. (thd/ida)

Latest news

Garuda Ayolah

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here