31 C
Semarang
Rabu, 12 Mei 2021

Perpustakaan Turut Membina UKM

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Walaupun bergerak dalam bidang literasi dan kearsipan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Batang turut membina masyarakat Batang dalam bidang ekonomi. Salah satunya dengan menciptakan usaha kecil menengah (UKM). Selain itu juga diberikan ruang promosi dan mengembangkan produknya, dalam setiap even tertentu.

“Melalui perpustakaan desa (perpusdes) kami membina masyarakat yang tertarik dalam bidang usaha. Bisa berupa olahan makanan maupun kerajinan. Mereka juga kami berikan ruang promosi di berbagai even seperti sekarang,” ucap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Batang Rahmat Nurul Fadilah saat menggelar bazar produk UKM hasil binaan perpusdes se-Kabupaten Batang, Rabu (4/4/2018).

Dengan harapan masyarakat selain bisa menambah ilmu pengetahuan dengan aktif di perpustakaan, juga menambah penghasilan dari usaha yang dijalankan. Atau sekaligus bentuk aplikasi ilmu yang sudah didapat dari perpustakaan.

Pada kesempatan kemarin, tercatat ada 34 perpusdes yang hadir, namun tidak semua perpusdes memiliki produk UKM. Produk yang dipamerkan dan dijual berupa makanan ringan, camilan serta kerajinan tangan dari bambu dan kayu.

Salah satu pendamping perpusdes asal Kecamatan Tulis Purwa Hidayati mengungkapkan, ada banyak produk yang dibawa oleh perpusdes yang dia dampingi. Seperti dari Perpusdes Wonokerso membawa sale pisang, Perpusdes Beji membawa keripik tempe. Ada juga dari Rejosari Barat bawa berbagai olahan keripik, seperti keripik pare, keripik ketela dan bahan lainnya. Ada juga dari Perpusdes Kaliboyo bawa jahe instan, yang siap diseduh dengan air panas.

“Produk yang kami pamerkan dan jual sangat bervariasi, rata-rata makanan siap saji dan camilan. Selain pasti enak juga sehat, karena dari bahan alami dan diolah secara industri rumahan,” jelas prempuan berhijab ini.

Dirinya berharap akan sering diadakan even semacam ini. Agar produk mereka juga semakin dikenal oleh masyarakat luas. Dan juga semakin laris, karena semakin banyak terjual otomatis pendapatan juga akan naik.(han/lis)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here