SEMANGAT – Ratusan relawan dari berbagai organisasi dan massa saat bersih-bersih Pantai Sigandu Kabupaten Batang jelang HUT ke-52 tahun. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
SEMANGAT – Ratusan relawan dari berbagai organisasi dan massa saat bersih-bersih Pantai Sigandu Kabupaten Batang jelang HUT ke-52 tahun. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Ratusan relawan penanggulangan bencana Batang, melakukan aksi bersih Pantai Sigandu. Selain memungut sampah yang berserakan juga disapu agar bersih dari kotoran. Hal ini dilakukan selain untuk mendukung iklim wisata Batang yang lebih baik juga antisipasi bencana di wialyah tersebut, Sabtu (31/3).

“Aksi bersih pantai ini bertujuan utama untuk mengurangi risiko terjadinya bencana. Karena seandainya pantai rob atau air pasang yang kebetulan sampah banyak, akan menghalangi air rob ketika surut. Maka bersih pantai secara rutin itu penting,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ulul Azmi melalui Sekretarisnya Slamet Maktub.

Disampaikan juga, bersih pantai ini juga untuk mendukung program Bupati Batang Wihaji, tahun kunjungan wisata 2022, yang mengambil tagline Batang Heaven Of Asia atau sebagai surganya Asia.

“Kita sangat dukung program Visit to Batang 2022, karena dengan pantai yang bersih pengunjung akan nyaman, sehingga citra wisata Kabupaten Batang menjadi baik dan pengunjung akan berdatangan,” ujarnya semangat.

Dijelaskan lebih lanjut, untuk kegiatan aksi relawan BPBD, sebenarnya secara rutin terjadwal. Tidak hanya di pantai tapi juga di lereng gunung, untuk melaksanakan penghijauan dengan menanam tanaman tegakan di hutan-hutan kritis. Hal ini dilakukan semata-mata untuk mengurangi risiko bencana dan meminimalisasi korban bencana baik longsor, banjir maupun rob.

“Dalam waktu dekat kita juga akan melaksanakan pelatihan simulasi kebakaran, simulasi penanganan longsor dan bencana lainnya. Simulasi tersebut untuk melatih kesigapan dan kesiapan relawan maupun masyarakat apabila terjadi bencana,” ungkap Slamet.

Sementara relawan PMI Kabupaten Batang Suryani mengatakan, selain dalam rangka memperingati HUT Batang dan Hari Kesiapsiagaan Bencana kegiatan bersih pantai untuk mendukung program pemerintah yang fokus pada kepariwisataan.

“Relawan yang ikut dalam bersih pantai dari 20 unsur yang tergabung dalam forum relawan penanggulangan bencana yang sudah terjadwal. Beberapa pekan ke depan juga akan melakukan aksi lagi, sehingga pantai akan selalu bersih,” ucapnya. (han/lis)