RADARSEMARANG.COM – BAGI Metalia Kusuma Wardhani, buku tak sekedar teman di kala waktu senggang. Banyak hal menarik yang didapat dengan membaca buku. Ia pun dapat tenggelam hingga berjam-jam menikmati lembar demi lembar buku.

“Membaca sudah menjadi hobi. Mulai dari buku biografi sampai novel. Mulai dari novel-novel ringan sampai novel impor saya juga suka,” ujar perempuan yang sehari-hari aktif sebagai Pengawas Junior Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 3 Jateng-DIJ.

Meta mengaku cukup menikmati buku-buku yang bersifat story telling. Trilogi Supernova karya Dee Lestari dilahapnya hanya dalam dua hari, begitu juga dengan novel Inferno karya Dan Brown yang habis dalam sehari. “Kalau baca buku-buku story telling biasanya lebih cepat. Sedangkan kalau biografi bisa sampai tiga hari,” ujar alumnus Master of Business Administration ITB ini.

Menurutnya, dengan membaca buku, ia bisa mendapat banyak hal yang tidak didapat dari komunikasi langsung. Selain itu, ia juga belajar mengintepretasikan maksud dari tulisan-tulisan tersebut. “Buku biografi misalnya, banyak sisi lain dari orang tersebut yang bisa kita tahu dari membaca buku,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, karena kesibukan di dunia kerja, Meta kini dapat membaca secara utuh berjam-jam hanya saat di akhir tahun, di saat pekerjaan tidak terlalu banyak. “Kalau membaca seharian, saya luangkan waktu di akhir tahun atau di tiap weekend, tapi maksimal hanya tujuh jam,” ujarnya. (dna/ida)