32 C
Semarang
Kamis, 24 Juni 2021

Tingkatkan Ketrampilan Sesorah dengan Mind Mapping

RADARSEMARANG.COM Pelajaran bahasa mengajarkan  empat keterampilan , yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan berbicara merupakan seni tentang berbicara yang merupakan sarana komunikasi dengan bahasa lisan meliputi proses penyampaian pikiran, ide, gagasan, dengan tujuan melaporkan, menghibur, atau meyakinkan orang lain.
Salah satu keterampilan berbicara dalam pelajaran mulok Bahasa Jawa SMA adalah sesorah atau pidato. Namun masih banyak siswa yang kesulitan untuk melakukan sesorah ini.Mereka beralasan tidak bisa menghafal teks Bahasa Jawa dengan mudah. Sehingga apabila peserta didik disuruh maju untuk berpidato, banyak yang menjawab belum siap.
Sebaiknya peserta didik  menguasai keterampilan berpidato ini, karena sangat berguna ketika mereka sudah berada di masyarakat. Salah satu solusi untuk meningkatkan keterampilan berpidato bagi peserta didik.  dengan menggunakan mind mapping atau peta konsep. Dengan adanya peta konsep ini peserta didik akan lebih mudah menghafal urut-urutan teks pidato, dan mudah pula untuk berimprofisasi. Sehingga peserta didik tidak hanya menghafal atau membaca saja.
Sesorah atau tanggap wacana dalam Bahasa Indonesia disebut pidato. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia pidato diartikan sebagai pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.
Ada beberapa cara menyampaikan pidato yaitu dengan cara membaca, hafalan, ektemprtan, dan imphromptu. Dalam tahap pembelajaran biasanya peserta didik menggunakan cara hafalan. Peserta didik membuat teks pidato terlebih dahulu kemudian menghafalkannya lalu berpidato tanpa menggunakan teks. Pengalaman saya disekolah tempat mengajar,  bagian menghafal ini dirasakan sulit oleh peserta didik. Akhirnya mereka tidak mau maju berpidato.
Melihat hal tersebut saya kemudian  menggunakan metode mind mapping atau peta konsep, sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Setelah peserta didik membuat teks pidato selanjutnya mereka tuangkan kembali dalam bentuk mind mapping. Peserta didik membawa mind mapping ini ketika berpidato. Ternyata peserta didik lebih percaya diri untuk tampil kedepan. Dengan mind mapping  peserta didik tidak hanya menghafal teks pidato tetapi juga dituntut untuk berimprofisasi dalam kalimat-kalimat yang diucapkannya.
Mind mapping adalah Teknik mencatat yang mengembangkan gaya belajar visual. Peta pikiran atau mind mapping ini memadukan dan mengembangkan potensi  kerja   otak kiri dan kanan. Dengan adanya keterlibatan kedua otak kita, akan memudahkan seseorang mengatur dan mengingat segala bentuk informas, baik secara tertulis maupun verbal. Dengan visualisasi kerja otak kiri yang bersifat rasional, numerik dan verbal bersinergi dengan kerja otak kanan yang bersifat imajinatif, emosi, kreativitas dan seni. Dengan ensinergikan potensi otak kiri dan kanan, siswa dapat dengan lebih mudah menangkap dan menguasai teks pidato.
Cara membuat mind mapping, terlebih dahulu siapkan selembar kertas kosong yang diatur dalam posisi landscape. Kemudian tempatkan topik pidato ditengah-tengah halaman kertas dengan posisi horizontal. Gunakan spidol berwarna supaya menarik. Bingkai judul tersebut dengan spidol warna yang lain. Buatlah garis-garis cabang sesuai yang dibutuhkan, misalnya cabang untuk salam pambuka, purwaka basa, surasa basa, wasana basa dan salam panutup. Setelah itu tambahkan keterangan singkat berkaitan dengan cabang-cabang tersebut. Lakukan hingga seluruh teks pidato terangkum dalam mind mapping tersebut. Tambahkan gambar-gambar yang menarik.
Marilah kita sebagai guru untuk terus berkembang mencari metode-metode yang menarik untuk belajar peserta didik. Metode mind mapping bisa menjadi pilihan cara untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam sesorah atau pidato. Mereka akan cepat menghafalkan teks yang
Mereka buat dan juga dapat belajar berimprofisasi. (tj3/zal)
Guru SMA Negeri 9 Purworejo

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here