32 C
Semarang
Kamis, 24 Juni 2021

Ribuan Warga Meriahkan HUT

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Semarang ulang tahun ke-471, berlangsung meriah dan penuh prestasi. Kemeriahan tersebut diawali dengan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) dilanjutkan jalan sehat yang diikuti oleh ribuan orang, mulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN), karyawan-karyawati Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, pengusaha hingga masyarakat umum.
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, memimpin langsung jalan sehat dengan rute Balaikota-Jalan Imam Bonjol- Jalan Pierre Tendean dan kembali lagi ke Balaikota Semarang. Sebelumnya, wali kota, wakil wali kota, anggota Forkompinda dan sejumlah tokoh masyarakat, secara simbolis melepaskan balon dan merpati sebanyak 471ekor, sesuai dengan umur Kota Semarang.
Sementara itu, seiring bertambahnya usia, semakin banyak torehan prestasi yang dihasilkan Kota Semarang. Tercatat, sejak awal tahun 2017, Semarang sudah mengoleksi 20 penghargaan dari dalam maupun luar negeri. Bahkan, belum lama ini, Semarang diundang Kementrian Pariwisata RI. Semarang yang saat ini menduduki peringkat 5 sebagai tempat wisata yang sering dikunjungi, mendapatkan kesempatan memberikan paparan trend Pariwisata di Semarang. Dalam kesempatan tersebut, diwakili oleh Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.
Selain wisata, infrastrukturnya juga semakin maju. Mulai dari jalan tol, hingga bandara terunik karena terminal penumpangnya dibangun di atas rawa-rawa. Warga juga semakin dibanggakan dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Semarang yang menjadi terbaik di Jateng. Sebelumnya IPM Semarang sempat tertinggal dari Surabaya dan Bandung. Namun di tahun 2016, Semarang mampu membalik keadaan. ”Di bidang kesehatan, kita punya program UHC,” jelas Wali Kota yang akrab disapa Hendi saat pembukaan rangkaian ulang tahun Kota Semarang di halaman Balaikota Semarang, Sabtu (24/3) kemarin.
Kesuksesan dan rentetan prestasi Kota Semarang, tak lain adalah buah dari kerja keras seluruh elemen Kota Semarang. Kekompakan adalah kunci dalam meraih semua ini. Kekompakan antara pemerintah, pengusaha, pewarta dan penduduk. Dengan kekompakan, ujar Hendi –sapaan akrab wali kora, Semarang selalu bisa menemukan problem solving untuk tantangan dan hambatan yang dihadapi.
Banyaknya jumlah penghargaan ini, bukanlah yang dicita-citakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang. Penghargaan hanyalah bonus, sedangkan cita-cita Pemkot Semarang adalah kesejahteraan masyarakat. ”Cita-cita kami adalah membuat masyarakat semakin sejahtera, guyub, rukun, nyaman, aman dan menjadi lebih baik. Mengenai penghargaan, itu adalah bonus,” jelas orang nomor satu di Semarang ini.
Segudang harapan masih digantungkan warga Semarang seiring dengan rasa bangga karena kota yang semakin maju. ”Bangga menjadi warga Kota Semarang. Semarang tak kalah keren dari kota lainnya,” ujar Sintia, peserta jalan sehat rangkaian HUT Kota Semarang. (sga/ida)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here