32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

HKTI Perkuat Kedaulatan Petani

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) diminta untuk terus berkarya sehingga dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Karena itu, HKTI bisa berkolaborasi dengan berbagai pihak, agar menjadi jembatan bagi temuan-temuan riset untuk diaplikasikan oleh para petani dalam menjalankan pertaniannya. Kehadiran HKTI, harus bisa menjadi solusi bagi petani dan pertanian Indonesia.
Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua Umum HKTI, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko saat melantik pengurus Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) HKTI Jawa Tengah di gedung wisma perdamaian Semarang, Sabtu (17/3) kemarin. “Tidak hanya pada tahap budidaya, tapi setelahnya HKTI juga berkewajiban untuk membantu petani dalam hal pemasaran,” jelasnya.
Moeldoko menegaskan, HKTI jangan hanya bicara tanpa memiliki karya. HKTI, lanjutnya, harus bisa memberikan bukti nyata. Karena bukti itulah yang diinginkan oleh masyarakat. ”Untuk itu, yang perlu dilakukan adalah segera menyiapkan demplot. Setelah demplot bagus, kita undang para petani. Biar mereka melihat, cara bertani yang bagus ini memiliki produktivitas tinggi dengan memperhatikan lingkungan,” ujarnya.
Sementara itu, resmi ditetapkan sebagai Ketua DPP HKTI Jateng, Abdul Khaliq Arif akan langsung melakukan konsolidasi hingga tingkat paling bawah. Program tersebut akan memperkuat database, IT, hingga infrastruktur untuk memperlancar pembangunan pertanian.
Khaliq menjelaskan, misi utama HKTI adalah terciptanya kedaulatan petani. Sebab, saat ini petani sangat butuh pendamping, teknologi, anggaran dan pasar. Sudah menjadi tugas utama baginya, untuk menjalankan komitmen, berkolaborasi dengan sejumlah pihak. Komitmen ini, lanjutnya, didukung oleh 4 aspek utama, yakni teknologi, pembiayaan, pasar dan regenerasi petani. ”Untuk aspek yang terakhir, akan kami maksimalkan pada tingkatan sekolah formal dan non-formal. Kalau membuat SMK ya langsung SMK pertanian,” jelasnya. (sga/ida)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here