JEMPUT BOLA:Bupati Wonosobo Eko Purnomo meluncurkan layanan Gone-Des Kecamatan Garung. Layanan ini jemput bola ke masyarakat menggunakan mobil. (ISTIMEWA)
JEMPUT BOLA:Bupati Wonosobo Eko Purnomo meluncurkan layanan Gone-Des Kecamatan Garung. Layanan ini jemput bola ke masyarakat menggunakan mobil. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, WONOSOBO – Pemerintah Kecamatan Garung, meluncurkan program Gone-Des. Melalui program ini, pemerintah kecamatan akan jemput bola dalam pelayanan data kependudukan.

Menurut Camat Garung Supriyadi, Gone-Des ini, jika dilihat dari bahasanya adalah perpaduan bahasa Inggris dan Jawa, gone diambil dari bahasa Inggris yang berarti pergi dan des atau deso yang artinya desa.

“Jadi Gone-Des artinya pergi ke desa, yang dalam program ini bermakna mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat yang berdomisili  jauh dari kantor camat sehingga pelayanannya membutuhkan waktu yang lama,”katanya.

Supriyadi menjelaskan, Gone-Des adalah pelayanan administrasi terpadu kecamatan, yang  langsung ke desa, yang merupakan inovasi pelayanan publik Kecamatan Garung.

“Pelayanan paten dilaksanakan langsung ke desa setiap hari Kamis atau sesuai dengan jadwal. Dengan maksud meningkatkan kualitas pelayanan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Peningkatan pelayanan ini terutama melihat aspek waktu,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Wonosobo Eko Purnomo menyatakan dukungannya terhadap program ini. “Program ini nantinya akan diterapkan di semua kecamatan namun secara bertahap,” imbuhnya.

Gon-Des menggunakan mobil pelayanan yang akan dioperasikan untuk melakukan pelayanan yang langsung ke desa sesuai hari yang telah dijadwalkan.

“Dengan demikian masyarakat yang berdomisili jauh dari kantor kecamatan, tidak harus datang langsung ke kantor kecamatan,” pungkasnya. (ali/lis)