32 C
Semarang
Selasa, 22 Juni 2021

Kalisalak Wakili Limpung Ikuti Lomba KGR

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Berkat kerja keras masyarakat dan dukungan penuh Kepala Desa (Kades) beserta perangkatnya, Dukuh Gumingsing, Desa Kalisalak, Kecamatan Limpung, akhirnya berbuah manis dan ditunjuk mewakili Kecamatan Limpung maju Kebersihan dan Gotong Royong (KGR) ke tingkat Kabupaten Batang.
Kades Kalisalak Suwondo menjelaskan, di daerahnya sudah menjadi tradisi warga Dukuh Gumingsir menjaga kebersihan lingkungan secara gotong royong.  “Tanpa disuruhpun masyarakat sukarela membersihkan lingkungan di sekitarnya. Kami sebagai aparatur pemerintahan desa berusaha agar kebiasaan baik ini tidak luntur,” kata Suwondo, Kamis (15/3).
Atas budaya gotong royong yang selalu terjaga ini, desa setempat didapuk mewakili Kecamatan Limpung ikut lomba KGR tingkat Kabupaten Batang. Hal tersebut terjadi setelah dilakukan penilaian oleh tim juri dari Badan Pemerintahan Desa (Bapermades) Kabupaten Batang.
Penilaian dilakukan saat berlangsung kegiatan bersih-bersih desa di jalan desa setempat, yang diikuti seluruh warga tanpa memandang usia, dari anak-anak hingga usia lanjut, pada  Rabu (14/3). Gerakan gotong royong bersih lingkungan  diakhiri dengan makan bersama dengan cara menggelar tumpeng di jalan dan dinikmati beramai-ramai.
Kepala Bapermades Kabupaten Batang Tulyono, mengatakan, penilaian meliputi kebersihan lingkungan, kerapian, kerja sama dan perawatan fasilitas yang sudah ada seperti pos kamling dan septictank komunal. Dari penilaian tersebut, desa setempat memang layak untuk maju lomba tingkat kabupaten.
“Budaya gotong royong masyarakat kita sudah mulai ditinggalkan. Orang-orang sekarang lebih mementingkan kebutuhan pribadi daripada keluar tenaga untuk kepentingan umum. Untuk itu, melalui lomba kebersihan ini tradisi gotong royong dan kerja sama dapat terus dipertahankan,” jelasnya. (han/sct/zal)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here