32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

Menonton Vlog Sambil Belajar Bahasa Inggris

RADARSEMARANG.COM – SALAH satu bidang studi sosial yang akan selalu menghadapi perkembangan teknologi adalah bahasa Inggris. Penggunaan bahasa Inggris menjadi suatu keharusan dalam menghadapi perkembangan teknologi. Sebab, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang selalu dijadikan pengantar komunikasi, baik lisan maupun tulisan.
Maka, penggunaan bahasa Inggris pun semakin berkembang. Berbagai cara dilakukan agar setiap orang bisa menggunakan bahasa Inggris dengan baik. Untuk itu, setiap orang memiliki cara-cara tersendiri yang bisa mereka gunakan. Di antaranya, mengikuti kursus bahasa Inggris, membaca novel-novel bahasa Inggris, menonton film berbahasa Inggris, dan lain sebagainya. Contoh-contoh tersebut hanya sebagian cara yang dilakukan oleh banyak orang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka.
Padahal, pada kenyataannya, cara-cara yang mereka lakukan kurang efektif bagi sebagian orang. Mereka terlalu terpaku pada aturan-aturan penggunaan bahasa Inggris yang benar. Aturan-aturan seperti grammar, tenses, dan pronounciation. Semua aturan itu, membuat mereka tidak bisa menggali potensi yang lebih dalam untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.
Satu sisi, tuntutan untuk belajar dan berkarya setiap hari, terlihat dari kesibukan, sejak pagi hingga petang– bahkan malam hari– bagi pelajar dalam menghadapi USBN dan UNBK. Akibat rutinitas yang padat, siswa menjadi jenuh dan lelah.
Maka, banyak siswa mencari kegiatan yang rileks untuk mengatasi kejenuhan mereka dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Salah satunya, memanfaatkan media internet, dengan membuka Youtube. Tinggal klik, pilih tontonan yang akan disimak.
Kejenuhan juga dirasakan oleh siswa-siswi kelas XII yang bakal menghadapi ujian nasional tahun ini. Beberapa di antara mereka, memanfaatkan waktu istirahat dengan menonton vlog. Di Youtube, vlog paling diminati. Bahasanya santai dan gambarnya pun menarik. Ada banyak pilihan unggahan pada vlog. Kita tinggal pilih, mana yang akan ditonton. Dengan menonton vlog, siswa bisa mengurangi tingkat stres serta kejenuhan dalam menghadapi rutinitas sehari-hari.
Vlog yang menceritakan aktivitas dan kegiatan sehari hari WNI menikah dengan WNA dan tinggal di luar negeri, merupakan satu dari beberapa unggahan vlogger yang banyak diminati siswa. Sebab, dengan menonton vlog tersebut, mereka bisa menonton aktivitas percakapan mereka dalam bahasa inggris yang sederhana dan natural. Pilihan kata yang variatif, memudahkan penonton meniru, mencontoh, dan mempraktikan. Selain itu, dengan menonton vlog, kita juga bisa mengetahui budaya, kebiasaan, serta tata cara di negara vloger mengunggahnya.
Masih banyak pilihan unggahan-unggahan para vlogger pada situs Youtube yang membuat kita bisa menonton, menikmati, serta belajar bahasa Inggris dengan santai, rileks, dan menyenangkan. Jadi, belajar bahasa inggris tidak sesulit dan serumit bayangan kita. Bagi siswa atau pelajar yang menghadapi ujian praktik speaking di tingkat SMK, bisa memanfaatkan vlog pada Youtube sebagai media belajar yang santai rileks dan menyenangkan. (*/isk)
Guru SMK 1 Windusari, Kabupaten Magelang

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here