31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Satu Keluarga Keracunan Jamur

Satu Orang Tewas

RADARSEMARANG.COM, KAJEN  Satu orang tewas dan empat lainnya harus menjalani perawatan intensif, setelah mengkonsumsi jamur jenis Siung Kidang. Korban tewas bernama Kuat, 75, warga Dukuh Utomo, Desa Gutomo, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. Kuat tewas setelah menjalani perawatan di RSUD Kajen, Selasa (27/2).
Sementara empat warga lainnya yakni Daryani, 45, Ponisah, 41, Kastini, 25, dan Ristan Alfaro, balita berusia dua tahun, masih dirawat di RSUD Kajen setelah makan jamur yang diolah Ponisah.
Peristiwa bermula ketika Samardi, 35, warga  Dukuh Utomo, Desa Gutomo, Kecamatan Karanganyar, memetik jamur jenis Siung Kidang yang berada di hutan Desa Gutomo. Jamur jenis Siung Kidang tersebut kemudian dibawa pulang ke rumah dan dimasak oleh Ponisah.
Setelah dimasak, olahan jamur dihidangkan untuk dimakan bersama, mereka yang memakan jamur tersebut sebagai lauk adalah Kuat, Daryani, Ponisah, Ristan Alfaro, dan Kastini. Tak lama setelah makan olahan jamur Siung Kidang, Kuat kejang-kejang dan pingsan. Sementara empat lainnya hanya kejang.
Akhirnya oleh Rasmah,45, keluarga yang tidak memakan masakan jamur tersebut, langsung membawanya ke RSUD Kajen untuk mendapatkan perawatan medis. Namun Kuat meninggal dunia saat di dirawat di RSUD Kajen. Sedangkan empat orang lainnya berhasil selamat. Hingga Selasa (27/02) sore, masih dirawat di RSUD Kajen.
“Kebetulan saya tidak mengkonsumsi jamur yang dimasak Ponisah, karena masih berada di sawah. Namun ketika melihat simbah Kuat jatuh dan kejang-kejang, serta yang lainnya juga kejang, langsung dibawa ke RSUD Kajen, Simbah Kuat yang meninggal,” ungkap Ramsah, di RSUD Kajen.
Sementara itu, Kasubag Humas Polres Pekalongan, AKP M Dahyar, menjelaskan, sesuai keterangan dokter RSUD Kajen, mereka keracunan jamur jenis Siung Kidang yang dimasak oleh saudara Ponisah.
Pihak Polres Pekalongan telah mendatangi TKP dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk mengamankan sampel jamur yang dikonsumsi keluarga tersebut, dan pihak keluarga telah membuat surat pernyataan tidak akan melakukan tuntutan kepada siapapun. (thd/zal)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here