Pemerintah Harus Percepat Bangun Tol Laut

Fathan Subchi dan PC Lazisnu Bagikan Sembako

287
PEDULI KORBAN BANJIR : Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Komisi XI Drs H Fathan Subchi dan Ketua PC Lazisnu Kabupaten Demak Zayinul Fata menyerahkan bantuan sembako kepada korban banjir Sayung. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PEDULI KORBAN BANJIR : Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Komisi XI Drs H Fathan Subchi dan Ketua PC Lazisnu Kabupaten Demak Zayinul Fata menyerahkan bantuan sembako kepada korban banjir Sayung. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Banjir yang tiap tahun melanda Kecamatan Sayung harus menjadi perhatian khusus pemerintah. Perlu ada penanganan penyebab banjir dari hulu hingga hilir secara menyeluruh, sehingga tidak terulang lagi di masa mendatang.

“Selain normalisasi Sungai Dombo, pemerintah perlu mempercepat pembangunan jalan tol laut yang berfungsi membendung air laut di Kecamatan Sayung,” kata anggota DPR RI Komisi XI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Drs H Fathan Subchi di sela memberikan bantuan korban banjir bersama Pengurus Cabang Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (PC LAZISNU) Kabupaten Demak, Jumat sore (23/2). Yakni, menyalurkan bantuan untuk warga korban banjir di Desa Sayung, Kalisari, Prampelan, dan Timbulsloko, Kecamatan Sayung. Ada 400 bingkisan sembako yang diserahkan kepada masyarakat setempat.

Menurutnya, air sungai yang menyebabkan banjir selain akibat pendangkalan juga sulit dibuang ke laut lantaran bersamaan dengan naiknya air laut (rob). “Dalam kondisi seperti ini, banjir sulit hilang. Sebab, air banjir sungai bercampur dengan rob. Karena itu, kita prihatin sekali dengan bencana banjir yang tak kunjung teratasi ini,” kata wakil rakyat dari dapil 2 Jateng meliputi Demak, Kudus dan Jepara ini.

Menurut Fathan, untuk mengurangi dampak banjir, masyarakat meminta pompa sebagai penyedot air. “Pemerintah akan kami dorong agar cepat mengatasi masalah banjir Sayung ini supaya tidak berlarut-larut,” katanya didampingi tokoh ulama Desa Sayung, KH Mufid.

Sementara itu, Ketua PC Lazisnu Kabupaten Demak, Zayinul Fata mengatakan, bakti sosial berupa bantuan sembako tersebut diharapkan dapat meringankan beban penderitaan warga yang kena banjir. “Ini sebagai bentuk kepedulian anggota DPR RI Komisi XI dan PC Lazisnu Demak terhadap warga Sayung yang terdampak banjir. Lazisnu juga segera menggelar pengobatan gratis,” ujar Zayinul Fata, kemarin. (hib/sct/ida)