Bidik Segmen SME Jawa Tengah

398
EKSPANSI PASAR : PT Bank Victoria International, Tbk melebarkan sayap bisnis ke area Jawa Tengah dengan membuka kantor cabang di Semarang. (NURUL PRATIDINA/JAWA POS RADAR SEMARANG)
EKSPANSI PASAR : PT Bank Victoria International, Tbk melebarkan sayap bisnis ke area Jawa Tengah dengan membuka kantor cabang di Semarang. (NURUL PRATIDINA/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – PT Bank Victoria International Tbk melebarkan sayap bisnis ke area Jawa Tengah. Segmen Small Medium Entrerprise (SME) menjadi salah satu yang dibidik.

Presiden Director PT Bank Victoria International, Daniel Budirahayu mengatakan, beberapa tahun belakangan pertumbuhan ekonomi di daerah, khususnya Jawa Tengah diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional. “Hal ini menjadi salah satu alasan utama kami melebarkan sayap ke kota-kota provinsi di Indonesia. Salah satunya dengan membuka kantor cabang di Semarang,” ungkapnya.

Terkait kantor cabang, ia mengaku pihaknya juga tidak terlalu berambisi untuk membuka sebanyak mungkin, mengingat pergeseran pola perilaku masyarakat yang kini lebih mengarah pada penggunaan mobile banking. “Ke depan kami akan kembangkan sektor tersebut untuk menyelaraskan dengan perkembangan saat ini,” ujarnya.

Khusus Jawa Tengah, lanjutnya, bank yang resmi berdiri pada 1992 ini membidik segmen SME. Hal tersebut tak lepas dari pesatnya pertumbuhan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Jawa Tengah yang dinilai sebagai salah satu sektor yang cukup potensial.

“Sepanjang tahun 2018, cabang Semarang khusus untuk kredit ditargetkan mencapai Rp 300 miliar. Dari total kredit tersebut, segmen SME diharapkan dapat berkontribusi hingga 30 persen,” ujarnya.

Selain SME, pihaknya juga tidak menutup untuk commercial maupun consumer lending. “Tapi kami juga tidak terlalu berambisi bermain di pasar consumer lending. Sebaliknya, untuk SME kami cukup bersaing baik dari kecepatan proses, kemudahan dan beberapa hal lainnya untuk para pelaku UMKM,” ujarnya. (dna/ric)