PDAM Diminta Distribusikan Air Lebih Merata

  • Bagikan

RADARSEMARANG.COM, UNGARAN–Aliran suplai air baku dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) diharuskan masuk ke seluruh permukiman. Termasuk di kampung yang saat ini belum terjangkau pipa distribusi.

Hal tersebut disampaikan Bupati Semarang, Mundjirin Mapamda Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia (Perpamsi), Jawa Tengah di Hotel Griya Persada Bandungan, Jumat (23/2) kemarin.

“Kekurangan air bersih bisa berdampak banyak. Permasalahan itu bisa diatasi, bila ada pimpinan yang cerdas menguasai bidangnya, bener, dan kober,” ujarnya.

Menurutnya, Kabupaten Semarang mempunyai banyak sumber mata air baku yang dikelola oleh PDAM Tirta Bumi Serasi. Sumber tersebut di antaranya mata air Umbul Senjoyo yang mampu menyuplai air baku 200 liter/detik, namun hanya digunakan sekitar 28 liter/detik. “Dibagi-bagi, sebagian dialirkan ke Kota Salatiga selain ke Kabupaten Semarang dan Kota Semarang,” katanya.

Sedangkan Ketua Umum Pengurus Pusat Perpamsi, Erlan Hidayat, mengingatkan PDAM Kabupaten Semarang diminta untuk mematuhi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 54/2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). “BPKP berharap pengumuman audit bisa diterbitkan awal Juli 2018 mendatang,” kata Erlan.

Dijelaskan, PP tersebut mengamanatkan BPKP untuk mempercepat penyelesaian audit kinerja. Karena itu, ia meminta Pengurus Daerah Perpamsi Jawa Tengah yang beranggotakan 35 PDAM kabupaten/kota bisa menjadi contoh bagi Pengurus Daerah Perpamsi di provinsi lain se-Indonesia.

Selain sehat, Erlan menyarankan agar manajemen PDAM terus mewujudkan program kemitraan yang melibatkan masyarakat setempat. “Saya melihat kekompakan Perpamsi ada di Jawa Tengah, apa yang sudah baik harus dijaga,” katanya. (ewb/ida)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *