31 C
Semarang
Rabu, 12 Mei 2021

Penguatan Kompetensi Speaking Melalui Proceed Your Sentence Game

RADARSEMARANG.COM – APA jadinya manusia kalau tanpa bahasa dan komunikasi? Bahasa merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanpa bahasa, seseorang tidak dapat berkomunikasi (speaking) dengan orang lain. Di zaman globalisasi seperti sekarang, bahasa Inggris seakan sudah wajib harus dimiliki oleh pelajar, mahasiswa ataupun para profesional. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Jika tidak menguasai bahasa Inggris, berarti tidak dapat berkomunikasi atau speaking dengan dunia internasional.

Masih banyak orang yang tidak menyadari pentingnya bahasa Inggris, karena menganggap bahasa Inggris itu sulit dan tidak penting bagi kehidupan mereka. Seperti seseorang yang bekerja di bidang mekanik, mereka tidak menggunakan bahasa Inggris secara langsung sehingga enggan belajar bahasa Inggris. Ada pula yang beralasan bahwa cinta bahasa Indonesia, namun belum tentu bahasa Indonesia mereka bagus. Alasan lainnya mereka akan dipandang sombong apabila menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, maka pelajar wajib belajar menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi, agar mampu bercakap-cakap dengan baik. Menurut Skinner Penguatan (reinforcement)  berarti memperkuat. Penguatan dibagi menjadi dua bagian yaitu : Pertama, Penguatan Positif adalah penguatan berdasarkan prinsip bahwa frekuensi respons meningkat karena diikuti dengan stimulus yang mendukung (rewarding). Bentuk-bentuk penguatan positif adalah berupa hadiah (permen, kado, makanan, dll), perilaku (senyum, menganggukkan kepala untuk menyetujui, bertepuk tangan, mengacungkan jempol), atau penghargaan (nilai A, Juara 1 dsb). Kedua, Penguatan Negatif, adalah penguatan berdasarkan prinsip bahwa frekuensi respons meningkat karena diikuti dengan penghilangan stimulus yang merugikan (tidak menyenangkan). Bentuk-bentuk penguatan negatif antara lain: menunda/tidak memberi penghargaan, memberikan tugas tambahan atau menunjukkan perilaku tidak senang (menggeleng, kening berkerut, muka kecewa, dll).

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here