32 C
Semarang
Senin, 14 Juni 2021

Dorong Masyarakat Gunakan e-Money

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah terus mendorong penggunaan e-money. Salah satu upayanya dengan menyosialisasikan cara penggunaan hingga berbagai manfaat jenis uang tersebut di Car Free Day (CFD) Jalan Pahlawan, kemarin.

Asisten Direktur Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah KPwBI Provinsi Jawa Tengah, Novita Wulandari mengatakan, berdasarkan survey, sejauh ini masyarakat masih belum sepenuhnya memahami penggunaan e-money serta cara melakukan top up.

“Kebanyakan hanya mengerti bahwa e-money sebatas digunakan untuk transaksi pembayaran di tol. Padahal penggunaannya beragam, bisa untuk berbelanja di tempat-tempat lainnya, serta lebih praktis,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, dengan semakin banyaknya masyarakat yang beralih dari uang fisik ke e-money, maka membantu pemerintah dalam menghemat biaya pencetakan uang fisik hingga biaya pendistribusianya.

“Selama ini tiap tahun pemerintah mengeluarkan uang hingga Rp 3 triliun untuk proses pencetakan uang hingga pendistribusian. Jika masyarakat mulai beralih ke e-money, maka biaya tersebut dapat dipangkas,” ujarnya. (dna/ric)

Latest news

Garuda Ayolah

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here