24 C
Semarang
Senin, 19 April 2021

Nyeri Lutut, Posisi Semrawut

spot_img
spot_img

Tanya dr Andi:

RADARSEMARANG.COM – Lutut saya sering sakit, katanya kurang oli di sendi lutut dan ada pengapuran. Saya seorang istri usia 47 tahun. Untuk berhubungan intim jadi sulit dan sakit bila berpindah posisi. Bagaimana mengatasinya dok, terimakasih.
Ibu H di Pwdd

Jawab dr Andi:
Nyeri lutut bisa disebabkan oleh osteoartritis, disingkat OA, yaitu peradangan sendi, terjadi kerusakan tulang rawan sendi dan jaringan lunak di sekitar sendi. Penyakit ini bersifat degeneratif, artinya berhubungan dengan proses penuaan dan kerusakan sendi akibat terus menerus dipakai, istilahnya wear and tear. Wear = dipakai, tear = robek, rusak.

Mayoritas penderitanya wanita, mulai usia 40-50 tahun. Pria di usia muda juga bisa terkena OA akibat cedera pada lutut. Sendi yang paling banyak terkena adalah: lutut, tulang belakang, panggul, jari tangan, sendi bahu.

Penyebab proses kerusakan sendi pada OA: akibat penuaan dan pemakaian sendi yang terus menerus menyangga tubuh, terjadi kerusakan tulang rawan dan minyak sendi/cairan sendi yang merupakan bantalan. Sebetulnya tubuh bisa memperbaiki sendiri kerusakan tulang rawan ini, serta memproduksi cairan sendi yang cukup. Tapi proses perbaikan ini tidak berjalan lancar. Tulang rawan sendi menjadi kasar dan menipis, serta lepas-lepas dari perlekatannya dengan tulang. Cairan sendi juga berkurang. Akibatnya saat berdiri dan berjalan, bantalan sendi semakin aus dan timbul nyeri sendi dan kaku sendi.

Gejala dan tanda OA: a) Bunyi krek-krek di sendi saat digerakkan. b) Bengkak sendi. c) Sendi merah, nyeri bila digerakkan dan ditekan. d) Kaku sendi saat pagi bangun tidur. Foto rontgen lutut menunjukkan ada penipisan tulang rawan, celah sendi lutut menyempit, ada pengapuran atau tonjolan tulang, bisa ada  keropos tulang/osteoporosis. 

spot_img

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here