Jemput Desertir, Bongkar Aliran Sesat

405
PENGGEREBEGAN : Petugas gabungan tim Lidpam Pomal Lantamal V Surabaya, tim Sabhara Polrestabes Semarang dan warga saat melakukan penggerebekan di rumah Andi di Palebon RT 1 RW 11, Kecamatan Pedurungan, Rabu (14/2) kemarin. (M HARIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PENGGEREBEGAN : Petugas gabungan tim Lidpam Pomal Lantamal V Surabaya, tim Sabhara Polrestabes Semarang dan warga saat melakukan penggerebekan di rumah Andi di Palebon RT 1 RW 11, Kecamatan Pedurungan, Rabu (14/2) kemarin. (M HARIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Dua rumah di Palebon RT 1 RW 11, Kecamatan Pedurungan digerebeg oleh aparat keamanan dan warga setempat, pada Rabu (14/2) kemarin. Diduga, rumah nomor 5 dan 7 berwarna putih yang dihuni oleh Rondiono alias Andi, 63, serta istri dan para pengikutnya, yang diduga mengikuti aliran sesat atau menyimpang. Ironisnya, di dalam rumah tersebut, terdapat seorang berpangkat Letnan Kolonel (Letkol) N yang mangkir atau desersi dari kesatuannya. Termasuk istrinya, yang diduga disebut sebagai Kanjeng Ratu.

Sedangkan proses penggerebekan tersebut dimulai Rabu (14/2) sekitar pukul 02.30, saat tim Penyelidikan dan Pengamanan (Lidpam) Polisi Milter Laut (Pomal) Lantamal (Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut) V Surabaya, tiba di Semarang. Kemudian melakukan pengamatan dan penggambaran (Matbar) di sekitar lokasi sasaran. Selain itu, tim melakukan koordinasi dengan Komandan Pangkalan Angakatan Laut (Danlanal) Semarang dan memberikan perkuatan dengan mengutus Dandenpomal Lanal Semarang untuk mem-backup penangkapan Letkol N.

Sebelumnya, tim Lidpam Pomal Lantamal V juga telah berkoordinasi dengan Polrestabes Semarang untuk turut dalam penggerebegan tersebut. Yakni, untuk mengantisipasi jika terjadi perlawanan dari dalam rumah tersebut.

Proses penggrebekan cukup dramatis. Sekitar pukul 14.00, Tim Lidpam Pomal Lantamal V dan Denpomal Lanal Semarang bergerak menuju sasaran. Sedangkan tim dari Sabhara Polrestabes Semarang meluncur setelah mendapatkan informasi kesiapan dari Tim Lidpam Pomal Lantamal dan Denpomal Lanal Semarang.

Namun, pintu gerbang rumah berlipat milik Andi, dalam keadaan tertutup rapat. Bahkan, untuk menemukan salah satu angggota tersebut, harus menggunakan anak tangga untuk mengintip dari balik tembok yang mengelilingi rumah Andi setinggi tiga meter.

Komandan Pomal Lantamal V Kolonel Laut (PM) Khoirul Fuad SH yang ditemui di kantor Mako Pomal Lantamal V Jalan Hang Tuah Nomor 1, Ujung, Surabaya mengungkapkan bahwa pukul 18.00, tim gabungan yang terdiri atas Lidpam Pomal Lantamal V, Denpomal Lanal Semarang, Sintel Lanal Semarang, Ban II Pam Ditum Kodiklatal, 1 peleton Satsabhara Polrestabes Semarang dan Polsek Pedurungan berhasil merangsek masuk ke dalam rumah yang digunakan sebagai padepokan tersebut.

Silakan beri komentar.