Visitasi Akreditasi Manajemen

207
SERIUS: Dr. Peni Sawitri MM sedang melakukan assesment di ruang dosen FEB UM Magelang. (HUMAS UM MAGELANG)
SERIUS: Dr. Peni Sawitri MM sedang melakukan assesment di ruang dosen FEB UM Magelang. (HUMAS UM MAGELANG)

RADARSEMARANG.COMMUNGKID—Akreditasi Program Studi (Prodi) di perguruan tinggi, merupakan proses penilaian secara keseluruhan. Tujuannya, untuk mengetahui komitmen prodi terhadap penyelenggaraan akademik. Serta, manajemen institusi yang didasarkan pada standar akreditasi yang telah ditetapkan.

Sebagai salah satu prodi unggulan di UM Magelang, Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) terus memperbaiki kinerja untuk peningkatan hasil akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi yang terakhir kali diperoleh adalah ”B”, lima tahun lalu.

Terkait hal itu, prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UM Magelang mendapat visitasi oleh Tim Asesor dari BAN-PT pada Selasa (13/2) lalu. Asesor merupakan tenaga pakar pada bidang ilmu, bidang studi, profesi, dan praktisi yang mewakili BAN-PT dalam penilaian akreditasi program studi. Kedua assesor tersebut adalah Prof Dr Kamaludin, MM dari Universitas Bengkulu; dan Dr Peni Sawitri, MM dari Universitas Gunadharma.

Kedua asesor tersebut melakukan visitasi serta kegiatan assesment yang meliputi tujuh standar. Yakni, visi, misi, tujuan, sasaran serta strategi pencapaian. Juga, tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu. Kemahasiswaan dan lulusan. SDM, kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik. Kemudianpembiayaan, sarana, prasarana dan sistem informasi, pelayanan atau pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.

Selain melakukan assessment, kedua asseor juga mewawancarai mahasiswa, alumni dan dosen. Mereka juga meninjau ruang kelas dan fasilitas pendukung pembelajaran prodi.

Dekan FEB, Dra Marlina Kurnia MM mengungkapkan harapannya agar prodi Manajemen dapat meningkatkan point akreditasi, sehingga memperoleh hasil akreditasi “A”. Mengingat, peningkatan pencapaian yang telah dilakukan oleh prodi Manajemen dalam kurun beberapa tahun terakhir. (vie/sct/isk)

Silakan beri komentar.