Tingkatkan Prestasi Melalui Gerakan Literasi 

spot_img

Sebenarnya apa sih Gerakan Literasi Sekolah itu? Gerakan Literasi Sekolah adalah upaya menyeluruh yang melibatkan semua warga sekolah guru, peserta didik, orang tua/wali murid dan masyarakat sebagai bagian dari ekosistem pendidikan.

Gerakan Literasi Sekolah diharapkan dapat memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti yang saat ini dirasa sangat menurun drastis, sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor. 23 Tahun 2015. Salah satu kegiatan di dalam gerakan tersebut adalah kegiatan 15 menit membaca buku non pelajaran sebelum waktu belajar dimulai.

Kegiatan rutin ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta dalam rangka meningkatkan ketrampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik. Materi baca dapat berisi nilai-nilai budi pekerti berupa kearifan lokal, nasional dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik.

Siapapun yang terlibat dalam dunia pendidikan pasti menginginkan ukiran prestasi dari peserta didiknya, baik itu ukiran prestasi dalam bidang akademik (intelektual), kepribadian (emosional)  maupun spiritual dan sosial. Setiap anak didik dilahirkan berbeda, memiliki kemampuan yang berbeda, memiliki minat yang berbeda pula. Maka oleh karena itu bahan bacaan yang disediakan sebaiknya beragam juga, semakin banyak ragamnya semakin memenuhi semua kebutuhan anak yang beragam.

Baca juga:   Tingkatkan Kemampuan Berbicara Anak Paud Dengan Cemilan

Prestasi berasal dari bahasa Belanda yang artinya hasil dari usaha. (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedi bebas). Prestasi diperoleh dari usaha yang telah dikerjakan. Prestasi dapat dicapai dengan mengandalkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual serta ketahanan diri dalam menghadapi situasi segala aspek kehidupan yang dapat diasah dengan adanya kegemaran membaca. Jadi bukan tidak mungkin prestasi dapat diraih/ditingkatkan melalui Gerakan Literasi. (as3/bas)

Guru SMK Negeri 3 Jepara

Author

Populer

Lainnya