32 C
Semarang
Rabu, 23 Juni 2021

Hendi Lunasi Tunggakan PDAM

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Setelah berbulan-bulan menunggak hingga mengakibatkan jaringan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal PDAM diputus, ratusan penghuni Rusunawa Kaligawe Blok A akhirnya bisa bernapas lega.

Uang tunggakan di PDAM selama 10 bulan yang belum terbayar, kurang lebih senilai Rp 23 juta, akhirnya ‘ditomboki’ oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Tunggakan tersebut diduga kuat dikemplang oleh oknum pengurus paguyuban Rusunawa Kaligawe berinisial MS.

“Kasus ini sebenarnya sudah berlangsung lama, tapi baru terbongkar sejak November 2017 lalu. Ternyata ada tunggakan Rp 23 juta ke PDAM, sehingga dilakukan pemutusan jaringan PDAM di Rusunawa,” salah satu warga penghuni Rusunawa Kaligawe Blok A, Maskun, saat mengadu di kantor Wali Kota Semarang, Senin (29/1).

Dikatakannya, selama ini pengurus tidak ada transparansi. Semua keuangan dipegang sendiri oleh Ketua Paguyuban, berinisial MS tersebut. “Tahu-tahu kami diberitahu bahwa ada tunggakan Rp 23 juta tersebut. Sedangkan warga sudah merasa membayar PDAM secara rutin kepada pengurus,” katanya.

Saat ini, ia mengaku lega karena masalah ini dibantu penyelesaiannya oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, menggunakan uang pribadi.

Hendi, sapaan akrab wali kota, saat menerima perwakilan warga Rusunawa Kaligawe, dengan enteng berjanji akan menanggung seluruh tunggakan ke PDAM senilai Rp 23 juta.

“Saya tidak ingin masalah kecil menjadi besar. Kalau masalah ini diurai dari awal tidak segera selesai. Saya mengambil jalan yang lebih taktis agar warga Rusunawa segera bisa dialiri PDAM. Syaratnya apa, ini masih ada tunggakan Rp 23 juta ke PDAM. Ya sudah, saya yang bayar,” katanya.

Dana tersebut merupakan dari pribadi, Hendi, bukan anggaran Wali Kota Semarang. Dia berpesan agar segera dibentuk pengurus baru di Rusunawa. Ia juga mewanti-wanti agar masalah seperti ini tidak terjadi lagi.

“Penghuni rusunawa harus ikut merawat. Jangan kesannya hanya maido terus, ya namanya orang kan tidak sempurna. Tapi kalau sama-sama menyadari tinggal di sebuah lingkungan yang perlu komunikasi, perawatan, dan seterusnya,” ujarnya.

Sementara itu, plt Direktur Teknik PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, Ali menegaskan pihaknya akan segera memerintahkan petugas untuk melakukan penyambungan kembali jaringan PDAM di Rusunawa Kaligawe. “Karena tunggakan ditanggung wali kota, kami segera sambung lagi,” katanya. (mg2/amu/zal)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here