Belajar Enterpreneur Di Sekolah

spot_img

RADARSEMARANG.COM,  ”Negara yang makmur adalah negara yang memiliki prosentase pengusaha  sebesar 17 %, namun di negeri kita ini bisa kita lihat sedikit sekali yang menjadi pengusaha..kira-kira hanya 15%,” kata Sang Maestro Properti Indonesia Mr Ciputra dalam bukunya yang inspiratif berjudul The Ciputra’s Ways.

Kenyataannya prosentase pengusaha Indonesia sangat kecil. Apakah memang sistem pendidikan di sekolah tidak mampu mencetak seorang enterpreneur?   Mari kita telisik sistem pembelajaran di sekolah. Banyak siswa dituntut untuk mendapatkan nilai tinggi agar dapat masuk perguruan tinggi favorit dan mendapatkan pekerjaan yang bagus. Padahal jumlah lapangan kerja tidak seimbang dengan pencari kerja sehingga muncullah pengangguran. Hal ini disebabkan karena siswa tidak dibekali dengan pemahaman untuk menciptkan lapangan pekerjaan.

Berwirausaha dapat diajarkan melalui pendidikan formal dan informal. Ada baiknya jika pendidikan Entrepreneurship tersebut diajarkan pada siswa-siswa mulai dari dini. Jadikanlah pendidikan Entrepreneurship sebagai kegiatan ekstrakulikuler di Sekolah,karena masa sekolah adalah masa pembentukan jiwa dan pikiran anak bangsa. dengan adanya program ekstrakulikuler entrepreneurship, kreatifitas anak bangsa pun berkembang dan mereka akan mengetahui bakat mereka itu terhadap apa. Hal ini perlu didukung oleh banyak pihak, pemerintah, sekolah, guru, orang tua dan anak didik juga. Sehingga kelak anak didik tidak melulu berorientasi dengan mencari kerja tapi mulai berpikir untuk membuka lapangan kerja.

Baca juga:   Trik Sukses Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi

Salah satu cara mengajarkan enterpreneur di sekolah adalah jurusan pemasaran.

Keuntungan masuk jurusan pemasaran di SMK antara lain jurusan pemasasaran belajar materi bisnis, ada praktek kejuruan yang dapat meningkatkan keahlian, siswa jurusan pemasaran akan mendapat sertifikat keahlian pada akhir kelulusan, dan memiliki ruang lingkup pekerjaan luas  atau membuat usaha sendiri.

Pemasaran yang dalam bahasa inggris disebut marketing adalah jurusan yang mempelajari  basic menjadi seorang marketing. Pemasaran itu juga mencakup semua aspek pekerjaan di dunia industri dan jurusan yang menciptakan potensi untuk mengenal dunia industri yang sudah dibekali dengan matang. Siswa dibekali dengan orientasi dunia industri langsung dari ahli pemasaran.

Author

Populer

Lainnya