32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

Guru SMAN 2 Kota Magelang Ikuti IHT

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Sebanyak 57 guru SMAN 2 Kota Magelang mengikuti In House Training (IHT) workshop penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Senin-Rabu (22/24-1). Dalam IHT tersebut, ditekankan tentang penguasaan PTK yang masih seringkali lemah dikuasai oleh guru.

“Masih sangat sedikit guru yang berhasil merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan PTK. Selama ini, telah banyak buku panduan dan bahkan pelatihan dilaksanakan namun hasilnya belum menggembirakan,” kata guru besar dan Dekan FKIP Universitas Tidar Magelang, Prof Dr Sukarno, M.Si, dalam memaparkan pelatihan dan pendampingan IHT workshop penyusunan PTK guru SMAN 2 Kota Magelang.

Prof Sukarno menegaskan, guru profesional merupakan kunci dalam melaksanakan pendidikan yang berkualitas di sekolah. “Untuk itulah, guru harus dituntut menguasai dan menuliskan PTK sebagai publikasi ilmiah,” ujar Prof Sukarno.

Sementara, Kepala BP2MK Wilayah IV Provinsi Jateng, Sutego, S.Pd, ST, M.Pd, mengatakan, PTK merupakan instrumen penting dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah. “Untuk itu, kegiatan IHT yang dilaksanakan oleh SMAN 2 Kota Magelang sangat bagus,” kata Sutego.

Kepala SMAN 2 Kota Magelang, Agung Mahmudi Ariyanto, menjelaskan bahwa IHT sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menunjang kemajuan pendidikan.  “Meningkatkan kompetensi guru supaya guru lebih profesional, selain itu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di dalam kelas, sehingga KBM menjadi lebih berkualitas. Tujuan selanjutnya adalah membiasakan guru untuk melakukan penelitian ilmiah dan menulis ilmiah,” paparnya. (cr3/lis)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here