31 C
Semarang
Senin, 19 April 2021

Baru 28 Taksi Online Berstatus Legal

spot_img
spot_img

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG Baru 28 taksi daring berbasis aplikasi yang dinyatakan legal. Ke-28 taksi online itu, Sabtu (27/1) kemarin, ditempel stiker Angkutan Sewa Khusus Taksi Online Wilayah Operasi Kedungsepur (Kendal, Demak, Semarang, Purwodadi, Ungaran, Salatiga)

“Yang sudah lengkap persyaratan mulai dari Uji KIR dan SIM A Umum baru 28 unit dari Koperasi Mitra Usaha Tran, Patra Adiguna, dan Puri Kencana,” beber Kepala Dinas Pehubungan (Dishub) Provinsi Jawa Tengah, Satriyo Hidayat, di halaman Kantor Gubernur Jateng.

Satriyo menjelaskan, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 ini berlaku secara efektif di Jateng mulai 1 Februari mendatang. Aturan ini diberlakukan agar ada kesetaraan antara taksi daring berbasis aplikasi dan taksi umum berpelat kuning.

Terkait permintaan driver online untuk menunda pelaksanaan penindakan sesuai aturan tersebut, pihaknya menjelaskan proses KIR taksi online sudah disampaikan kepada Dinas Perhubungam di kabupaten dan kota di Jateng. “Jadi, bukan masalah ketrek, tetapi yang terpenting adalah kelayakan kendaraannya. Kemudian aturannya kan pakai imbos. Tapi nanti bisa pakai stiker ditempel di bagian mesin kan bisa. Sambil menunggu investasi baru imbos dari pusat,” katanya.

Satriyo mengatakan, untuk proses pembuatan perizinan yang terkesan dipersulit, pihaknya mengaku bahwa masalah perizinan itu sebenarnya tidak dipersulit, namun karena prosesnya yang panjang, dan harus melewati beberapa instansi.

“Proses perizinan itu sebenarnya bisa cepat.  Tapi, ada pengurusan lain, seperti SIM A Umum, karena prosesnya harus tes wawancara, yakni untuk perilaku pengemudi, kemudian pengajuan badan hukum,” ujarnya.

spot_img

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here