32 C
Semarang
Kamis, 17 Juni 2021

Johar Baru Pilot Project Pasar SNI

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG Pasar Johar baru harus menjadi pilot project pasar ber-Standar Nasional Indonesia (SNI) di Jawa Tengah. Dengan standar ini, Pasar Johar baru harus memiliki sejumlah fasilitas seperti sprinkler atau alat pemadam kebakaran, penitipan bayi, bank, foodcort, fasilitas kesehatan, termasuk terminal.

Hal tersebut diungkapkan Anggota Komisi VI DPR Bambang Haryo Soekartono saat meninjau progres pembangunan Pasar Johar baru, Jumat (26/1).

”Kalau ber-SNI konsumen dan pedagang akan terlindungi. Penjual dan pembeli akan mendapatkan kenyamanan lebih daripada mall. Dengan demikian Pasar Johar diharapkan bisa menampung masyarakat menengah ke bawah maupun ke atas untuk berbelanja ke pasar,” kata Bambang Hariyo.

Dalam kesempatan tersebut, Bambang mengapresiasi pembangunan Pasar Johar meskipun sempat molor. Bahkan dirinya akan memperjuangkan agar Kementerian Perdagangan kembali melanjutkan penganggaran untuk menuntaskan pembangunan pasar induknya Jawa Tengah yang menjadi kebanggan warga, khususnya warga Semarang ini.

”Saya akan desak Kemendag untuk menyelesaikan sampai tuntas. Saya akan telepon Pak Mendag atau Bu Dirjen Dalam Negeri,” tegas Bambang didampingi Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto.

Pasar Johar baru di kawasan Kanjengan ini dikatakan Fajar Purwoto, akan rampung pada tanggal 5 Februari dan dapat ditempati oleh para pedagang pada pertengahan Februari mendatang.

”Ini tinggal 3 persen. Akan kami agendakan pedagang menempati sini pertengahan Februari agar pasar tidak mangkrak. Pedagang akan menempati lantai 1 dan 2, sehinga ketika lantai 3-4 dilanjutkan tidak akan mengganggu aktivitas perdagangan,” jelasnya.

Suharto Direktur PT Sinar Cerah Sempurna (SCS) membeberkan, saat ini pengerjaan sudah mencapai 97 persen. Jumlah ini meliputi bangunan arsitektur yakni sekitar 125 los yang hampir selesai semua. Sementara untuk kiosnya sudah terbangun 40 kios di lantai 1 dan 30 kios di lantai 2 dari sejumlah 55 kios untuk setiap lantainya.

”Juga pengerjaan Mechanical Elektrical (ME) yang mana pengadaan sudah dilakukan hanya tinggal pemasangan. Saya harapkan satu minggu selesai.  Kita optimis selesai 5 Februari,” ujar Suharto. (sga/zal)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here