32 C
Semarang
Kamis, 24 Juni 2021

Anak Wajib Punya Kartu Indentitas

Di Bawah 17 Tahun

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Semarang mewajibkan setiap anak di bawah 17 tahun memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Melalui KIA ini, diharapkan setiap anak terdata dan mendapatkan perlindungan dari pemerintah.

Penerapan KIA ini telah dipersiapkan sejak 2017 lalu, tahun ini segera ditindaklanjuti untuk pencetakan. “KIA ini dimaksudkan untuk mendata dan memberikan perlindungan terhadap hak anak,” kata Kepala Dispendukcapil Kota Semarang, Adi Trihananto, Kamis (25/1).

Dijelaskannya, setiap anak di bawah 17 tahun atau anak yang belum diwajibkan memiliki E-KTP harus memiliki KIA sebagai identitas. Melalui KIA, setiap anak akan terekam siapa orang tuanya. Misalnya ada anak hilang, maka akan bisa terlacak menggunakan data rekam tersebut.“Itu hanya salah satunya, selain itu juga berfungsi untuk keperluan memermudah pendataan lain,” katanya.

Belakangan ini berkembang mengenai keresahan masyarakat bahwa KIA akan dijadikan persyaratan untuk mendaftarkan anak sekolah. Adi menjelaskan, isu yang berkembang tersebut tidak dibenarkan. “Tidak benar. Pendaftaran sekolah anak tetap disesuaikan dengan persyaratan yang ditetapkan oleh dinas pendidikan. Jadi, masyarakat tidak perlu risau dan resah mengenai KIA ini,” katanya.

Saat ini, pihaknya sedang memersiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait pelayanan KIA ini. Pihaknya juga sedang membangun jaringan kerjasama dengan istansi pelayanan masyarakat, seperti rumah sakit. “Di daerah lain sudah, Semarang tinggal mendorong saja. Nanti pelayanan KIA ini segera diluncurkan,” katanya.

Selain dengan pihak rumah sakit, pihaknya juga akan bekerjasama dengan Dinas Sosial (Dinsos). Hal itu untuk mengamodosasi anak-anak terlantar, panti asuhan, cacat ganda dan lain-lain. “Kami akan datangi panti asuhan agar setiap anak bisa memiliki KIA ini. Setiap warga negara berhak memeroleh layanan. Terutama warga tidak mampu,” katanya. (amu/bas)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here